BMKG: Gempa di Sumatera Barat Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi/Gempa bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis laporan tentang pemantauan situasi setelah gempa bumi mengguncang wilayah Sumatera Barat pada Kamis pagi, 2 Juni 2016.

Usai Dihancurkan, Rumah Singgah Bung Karno Bakal Dibangun Ulang

BMKG, dilansir dari laman resminya, Bmkg.go.id, mengonfirmasi bahwa gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang berpusat di laut Kabupaten Pesisir Selatan itu tidak berpotensi tsunami. “… karena kedalaman gempa bumi cukup dalam (72 kilometer), maka gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.”

Berdasarkan hasil pemantauan di sejumlah daerah, BMKG memastikan tidak ada gempa susulan itu. Tetapi, Badan tetap memonitor perkembangan gempa bumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media massa.

Angka Pengangguran di Kota Padang Turun, Dekati Level Sebelum Pandemi

BMKG juga memutakhirkan informasi tentang gempa bumi itu, yang sebelumnya disebut terjadi pada pukul 05.56 WIB, pusat gempa berada di laut, 79 kilometer barat daya Kabupaten Pesisir Selatan, lokasi tepatnya di 2.29 lintang selatan dan 100.46 bujur timur. Pusat gempa di kedalaman 72 kilometer laut Pesisir Selatan.

Informasi yang telah dimutakhirkan setelah itu bahwa gempa bumi terjadi pada waktu dan kekuatan getaran, serta lokasi laut yang sama, tetapi lokasi tepatnya berbeda. Pusat gempa terletak di 2.16 lintang selatan dan 100.70 bujur timur, kedalaman 70 kilometer, dan di laut 79 kilometer barat daya Pesisir Selatan.

Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Padang Panjang

Getaran gempa bumi itu, menurut BMKG, dirasakan juga di Solok, Painan, Muko-muko, Bengkulu, dan Padang. (asp)

Foto udara jalan yang baru diaspal di Jalan Akses Wisata Mandeh, Pessel - Padang, di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu, 25 November 2018.

Hasil Survei, Ini 5 Kota Terbaik di Indonesia untuk Berwisata dan Habiskan Masa Tua

Hasil survei yang dilakukan lembaga Goodstats terhadap sejumlah daerah di Indonesia pada November hingga Desember 2022, menempatkan kota Padang Sumatera Barat peringkat 5

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2023