Ada Gempa, Pasien Rumah Sakit Padang Sempat Dievakuasi

Sejumlah pasien pada Rumah Sakit Dokter M Djamil, Padang, dievakuasi keluar setelah gempa bumi menggucang wilayah Sumatera Barat pada Kamis pagi, 2 Juni 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Wahyudi A. Tanjung

VIVA.co.id - Wilayah Sumatera Barat diguncang gempa bumi pada Kamis pagi, 2 Juni 2016. Gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang berpusat di laut Kabupaten Pesisir Selatan itu dirasakan hingga Kota Padang.

Usai Dihancurkan, Rumah Singgah Bung Karno Bakal Dibangun Ulang

Warga Padang sempat panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat lapang. Sebagian pasien di Rumah Sakit Dokter M Djamil Padang pun sempat dievakuasi keluar ruangan perawatan. Para pasien itu ditempatkan sementara di koridor rumah sakit serta di halaman parkir.

Tak hanya perawat, para keluarga pasien turut membawa mereka keluar gedung untuk mengantisipasi gempa susulan dan kerusakan bangunan. Mereka yang dievakuasi mayoritas adalah pasien lansia, terutama yang mengalami gangguan jantung, ibu melahirkan, anak-anak, dan bayi baru lahir.

Angka Pengangguran di Kota Padang Turun, Dekati Level Sebelum Pandemi

“Tadi saya habis salat subuh dan berzikir, tiba-tiba terjadi guncangan lumayan lama, ternyata gempa,” kata Yulisni, seorang pasien di Rumah Sakit Dr M Djamil.

“Awalnya,” kata Yulisni, “saya tenang saja dan terus berzikir namun anak-anak saya dan perawat membawa saya ke luar ruangan rumah sakit ini.”

Gempa Magnitudo 4,5 Guncang Padang Panjang

Kepanikan warga tak hanya terlihat di rumah sakit, tetapi juga di pusat keramaian Kota Padang, seperti di Pasar Raya Padang, terutama pada bagian gedung bertingkat pasar itu. Warga yang beraktivitas jual beli panik dan berhamburan keluar.

“Saya sedang belanja, tiba-tiba guncangan gempa membuat saya kaget dan langsung saja lari keluar gedung pasar di lantai dua. Semua pedagang dan warga yang belanja panik semua,” ujar Yanti, warga Jalan Tan Malaka Padang, yang sedang berbelanja di pasar itu.

Foto udara jalan yang baru diaspal di Jalan Akses Wisata Mandeh, Pessel - Padang, di Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu, 25 November 2018.

Hasil Survei, Ini 5 Kota Terbaik di Indonesia untuk Berwisata dan Habiskan Masa Tua

Hasil survei yang dilakukan lembaga Goodstats terhadap sejumlah daerah di Indonesia pada November hingga Desember 2022, menempatkan kota Padang Sumatera Barat peringkat 5

img_title
VIVA.co.id
11 Juli 2023