RI Tambah Kekuatan di Laut China Selatan

Kapal Perang TNI AL saat melakukan operasi gabungan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, mengatakan TNI akan mengerahkan kekuatan tambahan di sekitar Laut China Selatan. Pengamanan itu dilakukan untuk memperkuat armada pertahanan Indonesia di wilayah yang tengah jadi sengketa itu.

Polisi Cokok Supervisor Kapal China Berisi Jasad ABK WNI dalam Freezer

"Nanti ada 3 kapal fregate, 1 flight pesawat tempur, drone, ada radar. Penambahan Marinir, Paskhas, 1 batalyon AD," kata Ryamizard, di Istana Negara, Jakarta, Senin 30 Mei 2016.

Ryamizard mengakui penambahan kekuatan ini merupakan langkah yang ditempuh RI, agar kasus pencurian ikan oleh kapal asing tidak terus terulang. "Jadi kalau kita sudah aktif di sana, kejadian-kejadian seperti yang kemarin mudah-mudahan tidak terjadi lagi," ujar dia.

KBRI Seoul Angkat Bicara soal Mayat ABK WNI Dibuang dari Kapal China

Hanya saja, rencana untuk menambah kekuatan di Laut China Selatan itu belum bisa terlaksana, karena terkendala alokasi dana.

Sebelumnya, pada Jumat 27 Mei 2016 lalu, sebuah kapal nelayan China ditangkap, bernama Gui Bei Yu dengan nomor 27088.

Kepala BKPM Sebut soal Natuna dan Investasi Dua Hal Berbeda

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) Laksamana Muda TNI Achmad Taufiqoerrochman, di Markas Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Jakarta, Sabtu, 28 Mei 2016, mengatakan kapal besar itu bisa memuat sekitar 500 ton ikan.

Diduga, aktivitas itu adalah penangkapan ikan secara ilegal. Padahal, di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) wilayah Indonesia, tidak boleh ada aktivitas ekonomi. Setelah disidik, nantinya akan diserahkan ke Kejaksaan untuk diproses berdasarkan hukum Indonesia.

Petugas gabungan mengevakuasi jenazah ABK kapal ikan berbendera China yang berkewarganegaraan Indonesia di Dermaga Lanal Batam, Kepulauan Riau, Rabu (8/7/2020). (Foto ilustrasi)

Lagi, WNI yang Jadi ABK di Kapal Berbendera China Meninggal Dunia

Sabarudin adalah ABK Kapal Han Rong Nomor 359 berbendera China.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2020