Hanya Modal Kain Sarung, 3 Tahanan Ini Kabur dari Penjara

Ilustrasi/Penjara
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Tiga orang tahanan di rumah tahanan (Rutan) Klas II Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah melarikan diri, Rabu 25 Mei 2016. Ketiga terpidana dalam kasus pencurian itu kabur dengan menggunakan kain sarung sebagai alat bantu pelarian.

Kasus Tahanan Kabur di Polsek Tanah Abang, Polisi: Pelaku Gergaji Teralis Sambil Menyanyi

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah, Bambang Sumardiono, identitas ketiga tahanan itu yakni, Wasiono, Muamar dan Dono Sukur. Ketiganya baru ditahan di Rutan Wonosobo selama 30 dan 40 hari.

Bambang mengaku ketiga tahanan sebenarnya bersama dengan 34 tahanan lain. Namun sekira pukul 03.30 dini hari, ketiganya berhasil menjebol plafon kamar tahanan dan memanjat tembok dengan berbekal sarung.

Bobol, 16 Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur Baru 2 yang Ketangkep Lagi

"Setelah dari genteng turun ke tembok yang memang berdekatan dengan tembok benteng, kemudian menggunakan sarung," kata Bambang, Kamis, 26 Mei 2016.

Pihak Kanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah pun diterjunkan untuk mengetahui apakah ada unsur kelalaian atau keterlibatan oknum dalam peristiwa kaburnya para tahanan.

6 Polisi Diperiksa Propam Polda Lampung gegara 4 Tahanan Narkoba Jaringan Aceh Kabur

"Ini tim ke sana memeriksa apakah ada keterlibatan (oknum petugas) atau kelengahan."

(mus)

Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang turut terkena dampak dan diperiksa Propam karena kasus tahanan kabur

Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang Diperiksa soal Kasus Tahanan Kabur, Ini Kata Kapolres Jakpus

Kasus 16 orang tahan kabur dan hingga kini masih dicari 6 orang, sedang ditangani polisi. Dalam kasus ini Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang juga turut diperiksa Propam.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2024