Awal Juni, PT Pindad Luncurkan Senjata Baru untuk TNI

Senapan penembak jitu buatan PT Pindad
Sumber :
  • Oscar Ferri/VIVAnews

VIVA.co.id - PT Pindad berencana meluncurkan senjata baru pada awal Juni mendatang. Rencananya, senjata jenis pistol dan laras panjang akan diperkenalkan ke Kementerian Pertahanan untuk keperluan TNI.

Tiga Alutsista Tambahan Dierahkan Operasi SAR Korban Pesawat Smart Aviation di Tarakan

"Kami sendiri, akan terus menghasilkan senjata-senjata baru. Nanti, tunggu awal Juni, kami akan launching (luncurkan) di Kementerian Pertahanan beberapa senjata yang kami sampaikan untuk keperluan TNI," kata Dirut PT Pindad, Silmy Karim, di Mabes AD, Rabu 25 Mei 2016.

Silmy juga memastikan bahwa pihaknya dilibatkan dalam setiap pembelian alutsista oleh TNI AD. Bahkan, dalam pembelian Main Battle Tank (MBT) Leopard, PT Pindad juga terlibat pada transfer of tehcnology (ToT).

Harimau Mengaum! Kekuatan Baru Pertahanan Indonesia dengan Tank Canggih Berkaliber 105mm

"PT Pindad itu bukan lembaga yang istilahnya cuma mencari keuntungan semata, tetapi bagaimana kami membagun kekuatan pertahanan TNI. Untuk tank Leopard, PT Pindad juga dilibatkan dalam perawatan," ujarnya.

Selain akan me-launching senjata baru, PT Pindad juga menargetkan akan memproduksi tank sendiri. Namun, hal tersebut belum dijelaskan secara rinci kapan waktunya dan merujuk pada rencana strategis (renstra) TNI yang telah digariskan oleh Kemenhan.

Momen Menhan Prabowo Naik Rantis, Cek Alutsista Bareng Panglima dan Kapolri

"Tentu ada target membuat tank sendiri, tetapi tentu sesuai renstra," tuturnya. (asp)

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros

Mengenal Kendaraan Khusus Pengangkut Roket Astros Buatan Asli Indonesia

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros dipamerkan dalam Defile Alutsista TNI yang diadakan untuk memperingati HUT ke-78 TNI di Silang Monas lalu

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024