Hati-hati Peredaran Uang Palsu Naik Saat Ramadan

Sindikat Pembuat Uang Palsu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menjelang bulan suci Ramadan atau puasa, peredaran uang palsu (upal) diketahui mengalami peningkatan. Untuk memberantasnya, Polda Metro Jaya akan bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk melakukan razia peredaran uang palsu tersebut.

Dukun Uang Palsu Mbah Jambrong Ditangkap, Barbuknya Bikin Kaget

"Peningkatan konsumsi masyarakat, biasanya dibarengi dengan kejadian tindak pidana upal (uang palsu) ini. Untuk hal itu, kita akan kerja sama dengan BI (Bank Indonesia) untuk melakukan itu razia," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Rabu 25 Mei 2016.

Selain itu, dia juga tetap meminta bantuan kepada masyarakat yang mengetahui peredaran uang palsu segera melaporkan ke pihak yang berwajib.

Dua Kakek Beli Ribuan Uang Palsu dengan Uang Asli Rp50 Juta

"Namun demikian, kita tetap minta bantuan dari masyarakat untuk melaporkan adanya upal. Kita tidak bisa mengungkap sindikat upal, tanpa masyarakat di dalamnya," ucapnya.

Mengenai adanya jasa penukaran uang selain di bank yang bisa berpotensi menjadi peredaran uang palsu, Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur mengatakan, pihak Kepolisian tidak bisa menindak jika tidak ditemukan unsur pidana.

Polisi Surabaya Gagalkan Peredaran Uang Palsu lewat Mesin ATM

"Sebenarnya, sulit juga kita melakukan penindakkan yang demikian, karena tidak ada perbuatan pidana. Kecuali dibarengi misalnya penipuan, penggelapan, atau kejahatan yang lainnya, baru kita bisa tindak. Namun demikian, dalam ajaran islam banyak menyampaikan bahwasanya kegiatan demikian kegiatan yang riba," katanya. (asp)

Pembuat dan pengedar uang palsu ditangkap

Pelatih Bulu Tangkis di Garut Jadi Sindikat Peredaran Uang Palsu Miliaran Rupiah

Pengungkapan sindikat peredaran uang palsu berawal dari laporan masyarakat yang mencurigai adanya peredaran uang palsu di Kecamatan Karangpawitan Garut.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2022