TNI AD Terima Kiriman 50 Tank Leopard

Ilustrasi tank Leopard.
Sumber :
  • Dok. Kantor Athan KBRI Berlin

VIVA.co.id – Sebanyak 50 Main Battle Tank (MBT) Jenis Leopard telah diterima oleh Prajurit Matra Darat Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

Juara Dunia Tembak, TNI Bangga Gunakan Senjata Tanah Air

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengatakan, masih ada 100 unit lagi MBT yang sedang dalam proses pengiriman.

"Sekarang ada sekitar 50 unit, masih kurang 100 lagi," kata Mulyono di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu 25 Mei 2016.

Juara Menembak ASEAN, TNI AD Borong 31 Medali Emas

Jenderal bintang empat itu juga memastikan, 100 unit sisanya, bakal dikirimkan secara bertahap hingga 2019 mendatang. Adapun puluhan tank tersebut, telah ditempatkan di unit Batalyon Kavaleri (Yonkav) Kostrad. 

"Bertahap sampai Renstra 2019, yang jelas (Leopard) kita pusatkan dulu di Yonkav Kostrad itu sudah lengkap dengan senjata dan amunisi yang kita pesan," ujarnya. 

Lagi, TNI AD Juara Umum Turnamen Menembak

Saat ini, menurut Mulyono, alutsista tersebut masih dalam perawatan dan pemeliharaan TNI AD. Sedangkan apabila terjadi masalah, atau pun kerusakan, masih berada pada tanggung jawab pihak penjual. 

Sementara itu, untuk penempatannya, saat ini Mulyono masih mengkaji lokasi lebih untuk penempatan tank produksi Jerman ini.

"Nanti, lokasi akan kita kaji kembali. Sekarang sedang dalam tahap pemeliharaan, jadi kalau kita kita gunakan terus terjadi apa-apa, kita kembalikan ke mereka," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya