Bentrok Warga di Papua, Enam Rumah Dibakar

Garis polisi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bentrok antarwarga terjadi Kota Timika, Papua, Rabu, 25 Mei 2016. Bentrok menyebabkan sejumlah orang mengalami luka-luka, enam rumah juga dibakar.

Kondisi Terkini Polisi Korban Bentrok di Pulau Haruku Maluku

Bentrok dipicu tawuran antarremaja yang berbuntut meluas pada aksi saling hantam orang dewasa, sejak Selasa kemarin, hingga hari ini.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Patrige Renwarin mengatakan, bentrok dipicu kesalahpahaman yang berujung dengan aksi pembakaran rumah.

Warga Vs Ormas Bentrok di Pancoran, 10 Orang Luka-luka

"Sebenarnya perkelahian antaranak di bawah 15 tahun sudah berhenti. Tapi kemudian muncul isu yang provokatif, memacing amarah orang dewasa, yang berujung orang dewasa jadi bentrok," ujar Patrige.

Kemudian terjadi aksi pembakaran rumah dan bentrok dengan senjata tajam dan panah. "Ada enam rumah dibakar dan sembilan orang terluka akibat bentrokan," kata Patrige.

Motor Masuk Lapangan Saat Tanding Bola Picu Bentrok 2 Desa di Jambi

Akhirnya, aparat gabungan berhasil menghentikan aksi bentrok dan memisahkan kedua kelompok. Kondisi saat ini sudah berangsur normal. "Aparat gabungan TNI dan Polri sudah berhasil mengatasi situasi," ujar Patrige.

Menurut Patrige, ada dugaan pihak tertentu mencoba mengacaukan situasi dengan menebar isu yang provokatif. "Provokasinya menjurus ke SARA, kami lagi kejar pelaku," ucapnya.

Saat ini ratusan aparat gabungan masih disiagakan menjaga Kota Timika agar tetap kondusif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya