Dua Maskapai Ini Resmi Ditunjuk Jadi Angkutan Haji 2016

Jemaah calon haji menaiki pesawat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Setelah melewati berbagai proses penyeleksian, Kementerian Agama memastikan PT Garuda Indonesia Tbk dan Saudi Arabian Airlines menjadi maskapai penerbangan yang mengangkut jemaah haji asal Indonesia dari berbagai provinsi pada tahun ini.

Angkasa Pura Investigasi Penyebab Pesawat Garuda Keluar Lintasan

Garuda Indonesia akan mengangkut jemaah Embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta (khusus jemaah haji Provinsi DKI  Jakarta, Banten, dan Lampung), Solo, Balikpapan, Makassar, dan Lombok. 

Sedangkan Saudi Arabian Airlines akan mengangkut jemaah haji asal Embarkasi Batam, Palembang, Jakarta (khusus jemaah haji Provinsi Jawa Barat), Banjarmasin, dan Surabaya.

Soal Putusan Sidang KPPU, Begini Tanggapan Dirut Garuda

"Sesuai Keputusan Agama RI Nomor 195 Tahun 2016 tanggal 2 Mei 2016 telah menetapkan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines resmi mengangkut jamaah haji Indonesia," ujar Dirjen PHU, Abdul Djamil, dikantornya Selasa, 24 Mei 2016.

Disampaikan, pesawat yang akan digunakan adalah Boeing 777, 747, dan Airbus A330. Total ada 11 maskapai yang disediakan oleh Garuda Indonesia  dalam pelaksanaan penerbangan haji tahun 2016/1437 hijriah ini.

Garuda Indonesia Klarifikasi Isu Masker Awak Kabin Diganti Face Shield

"Haji adalah event internasional. Kelayakan maskapai yang akan digunakan harus diseleksi ketat," ujarnya.

Tidak hanya itu, maskapai yang telah terpilih juga dilihat dari kelayakan dan bukti-bukti empirik bahwa maskapai mampu menjamin hal tersebut. 

Dia memastikan, pemerintah mendapatkan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik. Sehingga akhirnya penandatanganan kontrak antar kedua maskapai dan Kemenag dilakukan hari ini. 

"Jaminan keselamatan serta kesehatan untuk jamaah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua maskapai ini," tambahnya.

Laporan: Diza Liane Sahputri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya