Mantan Panglima AU Omar Dhani Tutup Usia

VIVAnews - Mantan Panglima Angkatan Udara, Omar Dhani tutup usia hari ini, Jumat 24 Juli 2009 sekitar pukul 13.45 di Rumah Sakit Angkatan Udara, Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Menurut informasi jenazah Omar Dhani akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Haji Samali Ujung, Perumahan Pejaten Indah, Nomor D 12 Warung Buncit, Jakarta Selatan.

Bikin Silau, Harga Emas Antam Kembali Tembus Rekor Tertinggi

Omar Dhani menderita dehidrasi tinggi dan infeksi saluran pernapasan. Ada lagi yang mengatakan dia menderita hepatitis. Dia dirawat sejak Sabtu 13 Juni lalu.

Omar Dhani lahir di Solo, Jawa Tengah, 23 Januari 1924.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara periode 1962 - 1965. Ia merupakan putra dari KRT Reksonegoro, Asisten Wedana Gondangwinangun, Klaten. Tahun 1956, dia mendapat tugas belajar di Royal Air Force Staff College di Andover, Inggris.

Omar Dhani ikut serta dalam beberapa penugasan operasi militer, seperti pada PRRI di Sumatera. Kemudian Omar Dhani menjadi Menteri/Kepala Staf Angkatan Udara menggantikan Laksamana Udara Surjadi Suryadarma pada tahun 1962.

Peristiwa G 30 S/PKI membuat karir militernya runtuh. Omar Dhani dicopot dari jabatan Kepala Staf Angkatan Udara dan dijatuhi hukuman seumur hidup karena diduga terkait dengan pemberontakan PKI.

Omar lantas membuat buku perjalanan sejarah pada Januari 2009 yang diberi judul, "Tuhan Pergunakanlah hati, tangan, dan pikiran: Pledoi Omar Dhani"

Duel Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23

4 Tim Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Indonesia Siap Nyusul?

Empat tim sudah dipastikan lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23 2023. Mereka adalah tuan rumah Qatar, Korea Selatan, Jepang, dan Arab Saudi. Indonesia siap menyusul.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024