Jadi Pangdam, Menantu Hendropriyono Dipanggil Jokowi

Mayjen TNI Andika Perkasa (kiri) dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko
Sumber :
  • Dok. Puspen TNI

VIVA.co.id – Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa mengaku sudah mendengar kabar akan dimutasi sebagai Panglima Kodam XII Tanjungpura. Kabar mutasi jabatan itu Ia dengar saat tengah mendampingi Presiden Joko Widodo ke Rusia pekan lalu.

Menantu Hendropriyono Dipromosikan Jadi Jenderal Bintang 3

"Sudah, waktu kita masih di Rusia sudah beredar (SK Panglima TNI). Tanggalnya 20 (Mei) saya lihat, berarti Jumat kemarin," kata Mayjen Andika di Istana Bogor, Minggu malam, 22 Mei 2016.

Surat pengangkatan Mayjen Andika Perkasa sebagai Pangdam XII Tanjungpura itu tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Nomor Kep/404/V/2016, tanggal 20 Mei 2016. Meski belum menerima langsung SK jabatannya, namun Andika sudah dipanggil Presiden terkait mutasi tersebut.

Panglima TNI Minta Paspampres Perkuat Naluri Intelijen

"Saya nggak terima, justru saya dipanggil Presiden kemarin," ujar dia.

Diangkatnya Andika sebagai Pangdam membuat karir militer lulusan Akademi Militer 1987 ini semakin mentereng. Betapa tidak, setelah hampir 1,5 tahun menjabat Danpaspampres, menantu mantan Kepala BIN Hendropriyono ini dipromosikan sebagai Pangdam XII Tanjungpura.

Panglima TNI 'Tarik' Menantu Hendropriyono dari Paspampres

Namun mantan Kepala Dinas Penerangan TNI AD ini pun membantah sangat menginginkan jabatan tersebut. "Enggak mungkinlah saya kemudian ingin sekali naik (jabatan), yang itu enggak mungkin. Saya juga nggak tahu menahu, ini penugasan kan saya nggak tahu menahu juga," tegas jenderal bintang dua ini.

Andika juga mengaku belum mengetahui kapan serah terima jabatan itu akan dilakukan. Tapi, berdasarkan pengalaman terdahulu, sertijab perwira tinggi TNI biasanya antara pemberitahuan dengan sertijab hanya selisih dua hari.

"Hari ini dikasih tahu, terus dua hari kemudian langsung sertijab. Suratnya ditandatangani 20 Mei, jadi harusnya minggu depan sudah sertijab," imbuhnya.

Mayjen Andika Perkasa menjabat Danpaspampres sejak Oktober 2014 silam. Ia menggantikan Mayor Jenderal TNI Doni Monardo yang saat itu dipromosikan menjadi Komandan Jenderal Kopassus.

Andika mengawali karirnya sebagai prajurit infanteri dari jajaran korps baret merah Kopassus, sama seperti pendahulunya Mayjen TNI Doni Monardo.

Karir militer Andika tergolong cemerlang. Dia pernah bertugas sebagai Sespri Kasum TNI, Danrindam Jaya tahun 2011, Danrem 023/Kawal Samudera tahun 2012 dan terakhir menjabat Kadispenad tahun 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya