Gunung Awu Siaga, Warga Diminta Menjauh Radius 4 Kilometer

Gunung Awu di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dalam status level III atau siaga pada Senin, 23 Mei 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Gunung Awu di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dalam status level III atau siaga. Petugas Pos Pengamatan Gunung Awu meminta warga dan wisatawan untuk menjauh dan tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari kawah puncak gunung.

Sulut Paling Rawan Jadi Jalur Eksodus Abu Sayyaf dan Santoso

“Pada Minggu, 22 Mei 2016 kemarin terjadi 31 kali gempa tektonik jauh dan vulkanik dangkal. Total mencapai 36 kali terjadi gempa. Meski Senin hari ini hingga pukul 08.00 WITA cuaca agak cerah, angin perlahan dari timur,” ujar Endi T Bina, Kepala Pos Pengamatan Gunung Awu, kepada VIVA.co.id pada Senin, 23 Mei 2016.

Dia mengatakan warga yang berada di kaki gunung, termasuk di Kota Tahuna, tetap harus waspada dan jangan memercayai isu bahwa Gunung Awu meletus.

Ekspor Lewat Pelabuhan Bitung Lebih Tinggi dari Soeta

“Jangan percaya informasi yang tidak benar. Nanti kami akan terus melakukan update (memperbarui) data terbaru soal kondisi gunung,” ujar Endi.

Fadly Tahulending, warga Tahuna, mengatakan bahwa sejak status Gunung Awu naik level siaga, banyak warga yang panik dan takut gunung akan meletus.

Kota di Indonesia Ini Larang Anak Perempuan ke Luar Malam

“Makanya informasi dari petugas pengamatan gunung sangat penting sehingga masyarakat tidak jadi resah,” kata Fadly. (ase)

MoU PLN dengan PT MSM

PLN Pasok Listrik ke Tambang Emas, Listrik di Sulut Byar Pet

PLN klaim listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo surplus.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2016