Pangdam Pattimura: Pemukul Polisi Itu Tentara Mabuk

Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, meminta maaf secara terbuka atas kasus perkelahian seorang prajurit TNI dengan petugas Patroli Reaksi Cepat (PRC) Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease pada Rabu, 18 Mei 2016.

Puspom TNI Terjunkan Tim ke Jeneponto dan Kupang, Selidiki Bentrokan Oknum TNI-Polri

Pangdam telah memerintahkan aparatnya untuk memproses hukum Kopral Dua Frejon Paliama, tentara yang memukuli polisi petugas PRC. Aparat Profesi dan Pengamanan Polda Maluku serta Polisi Militer Kodam Pattimura sudah menginvestigasi kasus itu.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura, Kolonel Arh M. Hasyim Lalhakim, melalui siaran persnya menegaskan bahwa hubungan aparat TNI dan Polri selama ini di Maluku sangat harmonis. Kejadian itu adalah ulah oknum yang memang perlu dihukum.

Antisipasi Konflik Haruku Meluas, Pangdam Pattimura Siagakan Pasukan

"Pangdam telah meminta maaf kepada Kapolda atas kejadian tersebut, memberikan pelayanan pengobatan kepada anggota Polisi dan oknum anggota TNI yang terluka. Memerintahkan Danpomdam (Komandan Polisi Militer Kodam Pattimura) untuk mengadakan pemeriksaan sesuai aturan yang berlaku," ujar Hasyim.

Kapendam juga menuturkan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan di lapangan diperoleh informasi bahwa pada pukul 10.15 WIT, Kopda Frejon dalam keadaan mabuk. Dia lalu meneriaki patroli Polisi yang sedang melintas di Jalan Dr Tamaela, Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Patroli berhenti dan seorang Polisi menanyakan kenapa meneriaki mereka. Tetapi Kopda Frejon langsung memukul polisi itu sehingga terjadi keributan.

Mayjen TNI R. Tampubolon: Jadilah Batalyon Pemenang, Bukan Pecundang

"Anggota TNI AD atas nama Kopda Frejon Paliama berasal dari Kesatuan Yonif 315/Garuda. Dia sedang melaksanakan cuti. Di samping itu adanya informasi dari Danyon 315/Garuda yang menyatakan bahwa Kopda Frejon sering membuat ulah di satuan," ujar Kapendam.

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono

Dave Laksono: Bentrok TNI AL vs Brimob Polda Papua Barat Harus Diselidiki Sampai Tuntas

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono mengatakan kasus bentrokan antara Anggota TNI Angkatan Laut (AL) dan oknum Brimob Polda Papua Barat harus diselidiki atau diusut sec

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024