Empat Daerah di Jawa Tengah Ini Rawan Kejahatan Perempuan

Ilustrasi/Protes anti kekerasan seksual terhadap anak
Sumber :
  • REUTERS/Amit Dave/File

VIVA.co.id – Kasus kekerasan terhadap di Jawa Tengah memprihatinkan. Setidaknya sepanjang 2015, sudah ada 2.466 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terjadi di wilayah ini.

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar

Jumlah itu bahkan masih berlanjut hingga di 2016. Tercatat, hingga Mei sudah ada 325 kasus kekerasan yang menimpa .

"Cukup miris bahwa banyak ditemukan kasus kekerasan terhadap , bahkan sebagian adalah kekerasan seksual," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa, 17 Mei 2016.

Ketua DPD PSI Jakbar Mundur, DPW PSI Jakarta: Kami Tidak Mentolerir Kekerasan Seksual

Saat ini, setidaknya ada empat wilayah di Jawa Tengah yang dikategorikan sebagai zona merah untuk kekerasan terhadap . Daerah itu yakni, Kota Semarang, Kabupaten Wonosobo, Kendal dan Kabupaten Semarang.

Sebab itu, pemerintah setempat menyiapkan langkah antisipatif. Salah satunya dengan menyiapkan anggaran penanganan kasus kekerasan secara lebih maksimal. Bahkan, Ganjar mengaku telah menyiapkan anggaran penanganannya tahun ini senilai Rp7,9 miliar, atau lebih besar dari tahun lalu yang hanya Rp3,2 miliar.

Korban Pelecehan Rektor Nonaktif UP Surati DPR hingga Menko Polhukam, Minta Hal Ini

"Soalnya ini bukan masalah sektoral, harus melibatkan banyak pihak, karena angkanya (kekerasan terhadap perempuan dan anak) ada indikasi meningkat," kata Ganjar.

Direktur Legal Resource Center untuk Keadilan Gender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) Dian Puspitassari, menambahkan dari tingginya kasus kekerasan terhadap di Jawa Tengah hanya 10 persen saja yang dapat bergulir hingga ke meja hijau.

"Penyebabnya banyak faktor, salah satunya pihak internal keluarga korban yang tidak ingin masalah tersebut tersebar karena bersifat sensitif bagi korban dan keluarga," kata Dian.

Di bagian lain, ia juga mengingatkan agar pemerintah juga perlu melakukan perbaikan infrastruktur di daerah. Sebab, banyak kasus kekerasan terjadi disebabkan infrastruktur dan transportasi yang tak ramah perempuan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya