Nasib Tapir di Kebun Binatang Bandung Juga Menyedihkan

Tapir Asia (Tapirus indicus) yang tertangkap kamera di dalam hutan kawasan Taman nasional Batang Gadis. Hewan langka ini telah dinyatakan punah sejak tahun 2002.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Batang Gadis National Park and Conservation International

VIVA.co.id – Selang beberapa hari kematian gajah Sumatera betina bernama Yani (37), akibat penyakit radang paru-paru dan limpa, kini giliran binatang langka jenis tapir (Malayan tapirus) yang kondisinya memprihatinkan di Jawa Barat.

BKSDA Terima Tiga Hewan Langka Khas Sulawesi

Dari pantauan, tapir yang berada di dalam kandang terlihat terbaring lemas tak berdaya. Bahkan, beberapa ekor rusa, khususnya jenis Timorensis yang merupakan rusa endemik, juga terlihat tidak sehat. Tubuh rusa terlihat terjangkiti penyakit kulit. Bulu cokelat halus mereka sudah terkikis.

Juru bicara Sudaryo, enggan menanggapi perihal kondisi memprihatinkan hewan-hewan tersebut. "Maaf kami enggan berkomentar. Sekarang kami juga sedang diawasi oleh BKSDA Jawa Barat," kata Sudaryo.

Sepuluh Hewan Langka Ini Hanya Ada di Indonesia

Beberapa waktu lalu, sempat menjadi sorotan, lantaran ada seekor gajah Sumatera mati di dalam kawasan mereka. Dari pemeriksaan, gajah itu telah menderita sakit akut dan tidak mendapatkan penanganan maksimal dari .

Gajah itu divonis mengidap penyakit radang paru dan gangguan limpa. Kini, setelah kematian gajah itu, ternyata banyak hewan lain yang juga dalam kondisi memprihatinkan. (ase)

Gajah Sekarat, Ridwan Kamil Tegur Kebun Binatang Bandung

Asep Bar Bara/Jawa Barat

Bola Zaman Batu ini ternyata Kentang Laut.

Bola Zaman Batu Ditemukan di Pantai Inggris

Ini adalah spesies dari landak yang dikenal sebagai Kentang Laut.

img_title
VIVA.co.id
21 Agustus 2016