TKI Asal Malang Terjatuh dari Apartemen di Hong Kong

Suwedarningasri (35 tahun), seorang tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, dikabarkan meninggal dunia di apartemen majikannya di Hong Kong.
Sumber :
  • IST

VIVA.co.id – Suwedarningasri (35 tahun), seorang tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, dikabarkan meninggal di apartemen majikannya di Hong Kong. Dia dilaporkan meninggal setelah terjatuh dari lantai empat apartemen itu.

TKI Meninggal di Atas Kapal dari Malaysia, Pemakaman Protap Covid-19

Kabar itu diketahui pada 3 Mei 2016, namun pemerintah setempat belum mendapatkan informasi resmi tentang penyebab kematian Suwedarningasri.

“Awalnya keluarga mendapat informasi dari agen yang memberangkatkan korban pada 3 Mei 2016. Kami (perangkat desa) baru mendapat informasi itu beberapa hari lalu,” kata Hendik Arso Hadi Winulyo, Kepala Desa Pujiharjo, desa tempat tinggal Suwedarningasri, kepada wartawan pada Selasa, 10 Mei 2016.

Migrant Care: Kematian Tamam bin Arsad di Malaysia adalah Ironi

Setelah mendengar informasi dari keluarga, perangkat desa kemudian mengonfirmasi Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang memberangkatkan korban. Perangkat desa juga mencari informasi dari jaringan TKI asal Pujiharjo, yang juga bekerja di Hong Kong.

“Setelah mendapat foto mendiang semasa hidup dan kondisi jenazah mendiang kami baru percaya. Korban jatuh dari lantai empat apartemen milik majikannya di Hong Kong,” katanya.

Jasad Awak Kapal asal Sumbar Dipulangkan usai Tertahan 3 Bulan di Peru

Aparat desa mengaku belum mengetahui penyebab jatuhnya korban. Mereka berkomunikasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Malang untuk mencari tahu tentang kronologi peristiwa itu, hasil visum serta kapan jenazah bisa diterima di Malang.

“Kami telah bertemu dengan Disnaker (aparat Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Malang), mereka baru mendengar kabar itu juga dari kami. Tapi setelah koordinasi dengan PPTKIS dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kami diminta menunggu,” kata Hendik.

Di Desa Pujiharjo, menurutnya, ada 30 orang yang bekerja di luar negeri. Tujuan mereka, antara lain, bekerja di Hong Kong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Malang, Sukardi, membenarkan bahwa Suwedarningasih meninggal di Hong Kong. Namun aparatnya belum bisa memberikan pernyataan tentang penyebab meninggalnya korban.

Suwedarningasri dikabarkan meninggal akibat terjatuh dari lantai empat apartemen milik majikannya. Wanita itu berangkat ke Hong Kong pada 2002 dan tidak berpindah majikan sejak sepuluh tahun terakhir bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Korban meninggalkan seorang putra yang kini berusia 15 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya