Massa Demonstran HMI Lempari Gedung KPK dengan Batu

Demonstrasi HMI mengecam Saut Situmorang di Banda Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA.co.id – Sejumlah anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang menggelar demonstrasi di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertindak rusuh, Senin 9 Mei 2016. Para pendemo, yang memprotes pernyataan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang soal HMI beberapa waktu lalu itu, melempari gedung KPK dengan batu.

HMI Dukung Aturan Menag soal Suara Toa Masjid, Ini Alasannya

Mereka pun mengajukan tuntutan. "Mendesak Saut Situmorang untuk segera meminta maaf kepada seluruh keluarga HMl," kata koordinator lapangan aksi, Ramodan Rebun.

Awalnya, aksi  itu sempat berjalan damai. Namun, entah mengapa, massa mulai beringas dengan melempari Gedung KPK dengan batu berukuran besar. Bahkan massa sempat melakukan pembakaran di jalur lambat.

HUT HMI ke-75, Airlangga: Tetap Jadi Jembatan Rakyat dengan Pemerintah

Sejumlah polisi yang berjaga di kPK juga sempat kewalahan dengan adanya serangan ini. Bahkan beberapa anggota polisi terlihat menjadi korban dengan mengalami luka. Hingga kini aksi massa masih berlangsung.

Sebelumnya, pada talk show di tvOne, Benang Merah bertajuk Harga Sebuah Perkara Jumat 6 Mei 2016, Saut menuding banyaknya kader HMI yang terbukti korupsi saat mereka menjadi pejabat. Namun, Saut melakukan generalisir tanpa menyebut nama-nama alumni organisasi tersebut yang terbukti melakukan korupsi.

Dokumen Soal Uighur Bocor, HMI Singgung Pelanggaran HAM

"Karakter dan integritas bangsa sangat rapuh. Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat," ujar Saut.

"Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar semuanya, cerdas. Saya selalu bilang, kalau dia HMI minimal dia ikut LK 1, saat mahasiswa itu pintar, tapi begitu menjabat dia jadi curang, jahat, greedy," ujar dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya