Risma Belum Tahu Rumah Radio Cagar Budaya atau Bukan

Petugas menunjukan gambar rumah yang merupakan cagar budaya berupa bekas kantor radio pejuang Surabaya, Bung Tomo dengan latar bangunannya telah dibongkar di Surabaya, Jawa TImur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, berencana menemui istri pahlawan nasional Bung Tomo, Sulistina Sutomo. Ini terkait dibongkarnya rumah Radio Bung Tomo di Jalan Mawar Kecamatan Tegalasari Jawa Timur.

Jayanata Janji Bangun Lagi Rumah Radio Bung Tomo

“Saya dalam waktu dekat ini akan bertemu dengan Bu Bung Tomo (Sulistina) untuk menanyakan, dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap,” kata Risma di Surabaya, Jumat 6 Mei 2016.

Tak cuma itu, Risma juga akan melakukan pengecekan lebih jauh terkait status bangunan tersebut. Apakah bangunan itu masuk cagar budaya atau tidak. “Nanti coba saya cek dulu, dan saya baru bisa memastikan langkah selanjutnya setelahnya,” kata Risma.

NU Turut Tersinggung Bangunan Bung Tomo Dibongkar

Bangunan bekas rumah radio Bung Tomo sebelumnya telah dibongkar oleh sebuah perusahaan perbelanjaan. Rencananya, bangunan itu akan dijadikan lahan parkir.

Berbagai aksi penolakan atas dibongkarnya bangunan itu pun bermunculan. Mereka mengecam sikap Pemkot Surabaya yang terkesan abai dan kecolongan atas dibongkarnya bangunan cagar budaya tersebut.

Pembongkaran Rumah Radio Bung Tomo Disorot DPR

Salah seorang pecinta sejarah Surabaya, Cak Oyot mengaku masih belum memahami mengapa Pemkot Surabaya bisa kecolongan atas pembongkaran itu. “Seharusnya bangunan cagar budaya ini dilindungi keberadaannya, bukan malah dibiarkan atau dibongkar,” kata dia.

(ren)

Bung Tomo

10-11-1945: Bung Tomo Bakar Semangat Pejuang Melawan Inggris

Bung Tomo menggerakkan pemuda Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2016