Ini Antisipasi Kemenhub soal Transportasi Laut Saat Liburan

Transportasi Laut Antar Pulau
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan melakukan berbagai langkah antisipasi terkait libur panjang pada 5-8 Mei 2016.

Contact Center 172 Layanan Keluhan Pengguna Bandara AP I

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo menyampaikan, untuk sektor perhubungan laut, pihaknya menunjuk direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) sebagai koordinator untuk melaksanakan pemantauan, pengawasan, dan pelaporan pelaksanaan kegiatan pelayanan transportasi laut.

Adapun tugas KPLP di antaranya memantau dan memerintahkan seluruh kepala Kantor Kesyahbandaran Utama, kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama. Selain itu, KPLP bertugas meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi terjadinya musibah dan mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran.

Dilarang Operasi Selama Mudik Lebaran, Ini Dalih Primajasa

Dia memerintahkan  para kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) untuk memperbarui informasi cuaca melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat setiap 6 jam. Selanjutnya, menyebarluaskan informasi cuaca tersebut kepada seluruh pengguna jasa di kantor Syahbandar,  terminal, dan pangkalan kapal-kapal kecil, serta tempat-tempat yang mudah dilihat.

Operator kapal dan masyarakat diimbau agar tidak memaksakan melakukan perjalanan ketika terjadi cuaca buruk dan gelombang tinggi.

PO Primajasa Bandung Dilarang Beroperasi Selama Lebaran

"Menginstruksikan agar kapal negara (kapal patroli dan kapal perambuan)  untuk tetap bersiaga dan segera memberikan pertolongan apabila ada kapal yang mengalami bahaya atau kecelakaan," ujar Sugihardjo di Kemenhub, Jakarta, Rabu, 4 Mei 2016.

Miniatur pesawat maskapai Garuda Indonesia

Dorong Wisata, Garuda Buka Lagi Rute Medan-Singapura

Penerbangan akan dilakukan setiap hari.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016