Ingat, Tol Cipali Hanya Bisa Digunakan Sampai Kanci

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menyampaikan, pada musim liburan yang berlangsung 5-8 Mei 2016, ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tidak bisa digunakan seluruhnya. Sebab, jalan bebas hambatan sepanjang 116,75 kilometer (km) ini hanya bisa digunakan sampai jalan tol Kanci.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo menuturkan, ruas tol Cipali tidak bisa digunakan sepenuhnya, lantaran saat ini masih berlangsung perbaikan di jalur Kanci sampai Pejagan. Maka, pengguna jalan yang menggunakan ruas tol tersebut hanya boleh keluar sampai tol Kanci.

"Yang perlu kami sampaikan, khusus untuk tol Cipali, hanya boleh keluar sampai Kanci. Karena, jalur sampai ke Pejagan itu sedang dalam perbaikan. Itu untuk transportasi darat," katanya di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu 4 Mei 2016.

One Way di Tol Cipali Dilanjutkan, Kakorlantas Polri: Ada Peningkatan Arus Tapi Stagnan

Mengantisipasi lonjakan pengguna tol, Sugihardjo melanjutkan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk pengendalian pada pintu tol, guna mengatur kendaraan yang masuk. Penggunaan jalur alternatif untuk lokasi wisata juga bakal ditingkatkan.

"Untuk aspek lalu lintas, maka jajaran kepolisian melakukan antisipasi terhadap lonjakan yang terjadi. Seperti pengendalian pada pintu tol untuk mengatur kendaraan yang masuk, supaya bisa terbagi bebannya, apakah ke arah Pantura, Tol Cipali, atau lintas tengah kalau di Jawa," ujarnya.

Polda Jateng Berlakukan One Way di Jalur Tol Cipali hingga Semarang-Batang

Selain itu, untuk memudahkan pengguna jalan mendapatkan akses informasi pemilihan jalur, maka di pintu tol akan difungsikan variable message sign, yang akan memberikan panduan tentang kondisi arus lalu lintas.

"Demikian juga pelayanan di gardu. Tadi, di tol sudah ada penambahan gardu. Sebagai contoh, di Cipali akan disiapkan 15 gardu plus tiga gardu satelit di Cikopo. Dan di Palimanan, ada 11 gardu dan tiga gardu satelit," ujarnya.

Dok. Istimewa

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Korlantas Polri resmi memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) one way mulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cipali

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024