Ingat, Tol Cipali Hanya Bisa Digunakan Sampai Kanci

Ilustrasi/Kemacetan di gerbang tol saat mudik.
Sumber :
  • ANTARA/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan menyampaikan, pada musim liburan yang berlangsung 5-8 Mei 2016, ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tidak bisa digunakan seluruhnya. Sebab, jalan bebas hambatan sepanjang 116,75 kilometer (km) ini hanya bisa digunakan sampai jalan tol Kanci.

Banjir Rendam Akses Jalan Menuju Tol Cipali

Sekretaris Jenderal Kemenhub Sugihardjo menuturkan, ruas tol Cipali tidak bisa digunakan sepenuhnya, lantaran saat ini masih berlangsung perbaikan di jalur Kanci sampai Pejagan. Maka, pengguna jalan yang menggunakan ruas tol tersebut hanya boleh keluar sampai tol Kanci.

"Yang perlu kami sampaikan, khusus untuk tol Cipali, hanya boleh keluar sampai Kanci. Karena, jalur sampai ke Pejagan itu sedang dalam perbaikan. Itu untuk transportasi darat," katanya di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu 4 Mei 2016.

Diduga Ada Markas Jin, Sederet Alasan yang Membuat Tol Cipali Kerap Memakan Korban Jiwa

Mengantisipasi lonjakan pengguna tol, Sugihardjo melanjutkan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan jajaran kepolisian untuk pengendalian pada pintu tol, guna mengatur kendaraan yang masuk. Penggunaan jalur alternatif untuk lokasi wisata juga bakal ditingkatkan.

"Untuk aspek lalu lintas, maka jajaran kepolisian melakukan antisipasi terhadap lonjakan yang terjadi. Seperti pengendalian pada pintu tol untuk mengatur kendaraan yang masuk, supaya bisa terbagi bebannya, apakah ke arah Pantura, Tol Cipali, atau lintas tengah kalau di Jawa," ujarnya.

Ini Lokasi yang Bakal Dipelototi Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Selain itu, untuk memudahkan pengguna jalan mendapatkan akses informasi pemilihan jalur, maka di pintu tol akan difungsikan variable message sign, yang akan memberikan panduan tentang kondisi arus lalu lintas.

"Demikian juga pelayanan di gardu. Tadi, di tol sudah ada penambahan gardu. Sebagai contoh, di Cipali akan disiapkan 15 gardu plus tiga gardu satelit di Cikopo. Dan di Palimanan, ada 11 gardu dan tiga gardu satelit," ujarnya.

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.

Rombongan Peziarah Asal Tangerang Selatan Kecelakaan di Tol Cipali, 1 Orang Meninggal Dunia

Rombongan peziarah Rengas Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, mengalami kecelakaan lalu lintas, di ruas tol Cipali - Palimanan KM 179 dari arah Cirebon menuju Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024