Pengakuan Koki Kapal Selama Disandera Abu Sayyaf

Dua dari 10 ABK yang selamat dari sandera Kelompok Abu Sayyaf
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Sepuluh Anak Buah Kapal (ABK) yang disandera kelompok Abu Sayyaf, kembali ke Tanah Air. Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, pemerintah secara resmi telah menyerahkan mereka ke pihak keluarga.

RI Upayakan 2 WNI Sandera Abu Sayyaf Bisa Cepat Pulang

Salah satu korban penyanderaan, Wendi Raknadia, yang juga koki kapal, menceritakan pengalamannya selama disandera oleh kelompok Abu Sayyaf. Wendi mengaku tidak pernah mengalami tindak kekerasan selama disandera oleh para perompak.  

"Enggak ada yang keras, baik-baik saja semuanya," kata Wendi di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin, 2 Mei 2016.

Dua Sandera WNI Asal Wakatobi Bebas di Filipina Selatan

Selama disandera, Wendi mengaku sempat berpindah-pindah tempat. Tak jarang mereka juga pernah tidur di dalam hutan. Meskipun begitu, para perompak tetap memberikan mereka makan dan diizinkan untuk beribadah.

"Apa yang mereka makan, kami makan. Sama seperti mereka, tidur kadang pakai tenda di hutan, mereka juga sama," ujar Wendi.

Penculikan di Perairan Global Naik Tiga Kali Lipat

Wendi juga mengaku tidak mengetahui adanya tim negosiator yang telah membantu pembebasan mereka. Setelah proses negosiasi yang panjang, kesepuluh ABK dibawa ke rumah Gubernur Provinsi Sulu, Abdusakur Tan II, di Pulau Jolo, dan dibebaskan.

"Enggak tahu (ada tim negosiator), tahunya sudah di gubernur saja," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak 10 ABK itu sempat diculik kelompok militan Abu Sayyaf sebelum akhirnya dibebaskan di Filipina Selatan. Para pelaut itu dilepaskan setelah lima pekan menjadi tawanan kelompok Abu Sayyaf. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya