Fadli Zon Minta Pemerintah Saring Kemampuan Buruh Asing

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menilai, kehadiran tenaga kerja asing, terutama untuk menjadi buruh kasar perlu mendapat perhatian pemerintah. Sebab, keberadaan mereka mengancam kesempatan kerja buruh lokal. 

Menaker Ditantang Beberkan Data Pekerja Asing di Indonesia

"Harus kita jaga, sekarang ini adalah buruh-buruh asing yang menyerbu ke Indonesia," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 2 Mei 2016.

Menurutnnya, buruh kasar asing tersebut bahkan banyak yang tak bisa berbahasa Indonesia. Lalu, kehadiran mereka juga tidak istimewa, karena memiliki kemampuan sama dengan buruh lokal. Untuk itu, diharapkan ada proses penyaringan terhadap tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.

Hotel Tak Lapor Diinapi Orang Asing Bisa Kena Sanksi

"Ini seharusnya pemerintah fokus, tidak boleh ada buruh kasar asing yang masuk. Kalau yang punya keterampilan khusus yang kita tidak punya, boleh," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur memeriksa lima warga negara Tiongkok. Mereka ditangkap Selasa, 26 April 2016, saat beraktivitas di proyek jalur kereta cepat Jakarta - Bandung, di sekitar Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sejarah Istilah "Bule" untuk Orang Asing di Indonesia

(mus)

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Sompie, usai mengukuhkan anggota Timpora tingkat kecamatan di Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu, 4 April 2018.

Cegah Rahasia Negara Bocor, Orang Asing Diawasi Ketat

Tim pengawasan orang asing dibentuk hingga tingkat desa.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2018