Serikat Buruh Deklarasikan Dua Organisasi Masyarakat

Ribuan buruh dari berbagai aliansi mengikuti puncak peringatan Hari Buruh Internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (1/5/2016).
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mendeklarasikan dua organisasi masyarakat, yakni Rumah Rakyat Indonesia (RRI) dan Organisasi Rakyat Indonesia (ORI), pada peringatan hari buruh Internasional yang diperingati hari ini. RRI tersebar di 28 provinsi dan 196 kabupaten/kota, sedangkan ORI baru tersebar di 14 provinsi.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

Ketua KSPI Said Iqbal mengatakan, pembentukan dua ormas itu untuk menyatukan berbagai elemen buruh dan masyarakat. Alasannya, selama ini masing-masing elemen itu berjuang sendiri-sendiri.

"Kami butuh itu, karena selama ini buruh berjuang sendiri, petani, rakyat miskin, mahasiswa, nelayan berjuang sendiri. Maka, harus disatukan dengan kekuatan itu, mengangkat satu tema besar, tema kerakyatan yang memberi kemaslahatan untuk rakyat," ujar Iqbal, di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu, 1 Mei 2016.

Pemerintah Harus Tetap Perjuangkan Nasib Buruh

Ormas tersebut, kata Iqbal, tidak menutup kemungkinan berubah menjadi partai politik. Menurutnya, jika masyarakat berbagai elemen membutuhkan partai politik alternatif.

"Tapi, kami belum tahu, sekarang ini masih dalam bentuk blok politik," terang dia.

Pemerintah Akan Turunkan Bunga KUR Demi Buruh

Untuk diketahui, ada sembilan serikat pekerja atau serikat buruh yang bernaung di KSPI, antara lain Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Federasi Serikat Pekerja Pariwisata (FSPP), FS PPMI, FSP ISI, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek Indonesia), FSP KEP, FSP Farkes Ref, Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Menko Polhukam Wiranto

Wiranto Anggap Sebagian Ormas Hanya Buat Masalah

Ada 250 ribu lebih ormas dan beberapa dianggap tak sesuai Pancasila

img_title
VIVA.co.id
29 November 2016