Jokowi Akan Sambangi Pasar 'Esktrem' Tomohon

Pasar Tomohon Sulawesi Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo rencananya akan berkunjung ke Sulawesi Utara, Sabtu 30 April 2016. Ia kembali mendatangi pasar “ekstrem” Kota Tomohon yang pernah dikunjunginya kala masih Gubernur DKI Jakarta.

Janji Kampanye, Wakil Wali Kota Tomohon Sumbangkan Gaji

Kedatangan orang nomor satu Indonesia ini dibuktikan dengan hadirnya puluhan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang menyisir Pasar Beriman Kota Tomohon selama tiga jam, Jumat 29 April 2016.

Ada 26 Paspampres bersama 14 Staf Sekretariat Negara turun memastikan area aman saat kunjungan Presiden tersebut.

Pemerintah Masih Tutup Mata Benahi Pasar Tradisional

Paspampres menyusuri setiap sudut pasar. Tak terkecuali pasar ekstrem yang menjajakan hewan hutan.

Setelah penyisiran, Paspampres dan Staf Setneg berdiskusi dengan Wakil Wali Kota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan di kantor Perusahaan Daerah Pasar.

Polres Malang Bongkar Home Industry Sabu di Jatim

Syerly mengatakan dari jadwal acara yang disampaikan Sekretariat Negara, Presiden akan berkunjung di Pasar Beriman Sabtu sore. "Beliau (Presiden) dari Papua usai menyaksikan pembukaan ISC, dijadwalkan datang ke Sulut kemudian terus ke Kota Tomohon," katanya.

Ia mengungkapkan, jadwal Presiden sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung situasi. Pemerintah Tomohon tetap siap menyambut kedatangan Pak Presiden. "Jadi atau tidak Presiden datang, Pemkot Tomohon sudah harus siap," katanya.

Sebagai tuan rumah, kata Syerly, Pemkot harus berbenah. Rencana Pemkot akan bersihkan kota termasuk lokasi pasar.

"Bersih-bersih kota sebenarnya rutin digelar di kelurahan. Tapi khusus kedatangan RI 1 tidak ada salahnya kita intensifkan kegiatan kerja bakti," ujarnya.

Sesuai rundown yang disodorkan Setneg, kegiatan Jokowi di antaranya peresmian pasar, kemungkinan bangunan pasar bantuan Kementerian Perindustrian.

"Pembicaraan dengan Paspampres kalau beliau berkenan, maka akan ada peresmian," katanya.

Beberapa tahun lalu Jokowi juga mendatangi lapak daging esktrem di Pasar Beriman Tomohon. Jokowi yang ketika itu menyaksikan tikus, kucing, dan ular bebas diperjualbelikan sempat merinding.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya