Pegiat HAM Tunjukan Daftar Kuburan Massal Tragedi 1965

Kuburan massal tragedi 1965 di hutan Plumbon Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Dwi Royanto/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah menemukan lokasi kuburan massal yang diduga berisi korban pembantaian tragedi 1965 di hutan Plumbon, Semarang, Jawa Tengah, sejumlah aktivis hak asasi manusia (HAM) Semarang memberikan daftar  kuburan massal lain yang mereka temukan di wilayah Jawa Tengah.

Kejagung Inventarisir 13 Kasus Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Daftar lokasi itu diberikan menindaklanjuti keinginan Presiden Joko Widodo yang memerintahkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mencari dan membongkar kuburan massal tragedi kemanusiaan pada 1965.

"Setelah menemukan kuburan massal di Plumbon 2015 lalu, kami juga menemukan sejumlah kuburan lain di Jawa Tengah, yakni di kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang," terang Koordinator Perkumpulan Masyarakat Semarang untuk Hak Asasi Manusia, Yunantyo Adi, Kamis, 28 April 2016.

Ma'ruf Amin Condong Jalur Islah untuk Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

Menurut Yunantyo, sejumlah kuburan massal yang berhasil ditemukan pihaknya sudah melalui penelitian dan meminta pernyataan sejumlah saksi mata di sekitar lokasi. Beberapa di antaranya, bahkan didukung pernyataan keluarga korban. Satu kuburan massal yang mereka temukan juga ada yang sudah diketahui identitas korbannya sehingga dipasang nisan.

"Penelusuran kami di wilayah Jawa ada ratusan. Tapi yang baru kami temukan baru enam kuburan massal," ujarnya.

Hanafi Rais Tagih Janji Jokowi Selesaikan Kasus HAM Masa Lalu

Terhadap temuan itu, pihaknya meminta Luhut membuktikan ucapannya dengan membongkar setiap kuburan massal yang mereka temukan ini.

"Kita segera berkirim surat ke Menkopolhukam. Kita minta tiga kuburan massal yang digali dan dimakamkan ulang. Di antaranya di Plumbon Semarang, dan dua di hutan raya Desa Darupono Kabupaten Kendal," ungkap dia.

Berikut 6 lokasi kuburan massal menurut data Perkumpulan Masyarakat Semarang untuk Hak Asasi Manusia:

1. Kuburan massal di hutan Plumbon, Mangkang, Semarang, Jawa Tengah. Diduga 24 korban yang dikubur dalam satu liang.

2. Kuburan massal di hutan raya Desa Darupono, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ditemukan ada dua kuburan berisi masing-masing sekitar 40 korban.

3. Kuburan massal di kebun karet PTPN IX Kebun Getas, Bringin, Kabupaten Semarang. Jumlah pasti belum diketahui, diduga mencapai puluhan.

4. Kuburan massal di Lapangan Tembak Tengaran, Kabupaten Semarang, jumlah korban belum diketahui.

5. Kuburan massal di Dusun Sombron, Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Jumlah pasti belum diketahui.

6. Kuburan massal di Gunung Buthak yang terletak antara Kecamatan Susukan dan Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Jumlah korban diperkirakan puluhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya