Detik-detik Wafatnya Ali Mustafa Yaqub

Imam Besar Masjid Istiqlal Mustafa Ya'qub
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Yaqub, meninggal dunia pagi ini, Kamis, 28 April 2016, sekitar pukul 06.00 WIB. Sang istri menceritakan kronologi bagaimana sang suami akhirnya menghadap kembali ke Tuhan Yang Maha Kuasa.

Mantan Menteri Tutty Alawiyah Wafat

"Jadi kemarin itu malam Rabu, pulang dari pengajian Sunda Kepala," kata istri almarhum, Ulfah, dalam perbincangan dengan tvOne.

Saat itu, lanjut Ulfah, kondisi Ali Mustafa batuk-batuk seperti masuk angin. Ia kemudian istirahat seharian. Lalu, malamnya memeriksakan diri ke dokter.

Novanto: Ali Mustofa Yakub Piawai Menjamu Pemimpin Dunia

"Kena flu saja (kata dokter), jadi dikasih obat batuk sama vitamin," kata Ulfah menambahkan.

Mereka pun pulang kembali ke rumah. Ali Mustafa kemudian makan dan meminum obat yang diberikan dokter.

Ali Mustafa Yaqub di Mata Rekan

"Semalaman enggak bisa tidur, sampai subuh. Adzan subuh bangun, salat subuh tapi sambil duduk. Kemudian mondar-mandir ke kamar mandi. Habis dari kamar mandi tiduran," lanjut Ulfah.

Ulfah mengatakan, ketika itu Ali Yaqub masih bisa bicara, tapi sudah malas merespon. Mereka lantas ke rumah sakit lagi, yakni ke RS Hermina Ciputat.

"Di rumah sudah lemas, saya lihat denyut jantung sudah satu-satu gitu. Saya telepon driver bawa ke RS. Sama dokter dikasih pertolongan pernafasan, hasilnya kosong, terus matanya sudah enggak ada respons," imbuh Ulfah.

Ulfah menambahkan, saat akan dibawa ke RS, almarhum masih bisa berbincang. Setelah semua ikhtiar dilakukan, akhirnya dokter memberikan kabar duka kepadanya.

"Sama dokter jantung sudah 0. Dengan berat hati (dokter)  menyatakan bapak tidak ada, kurang lebih jam 6 pagi tadi.”

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya