Etnis Uighur di Kelompok Santoso Tersisa Satu Orang

Kelompok teroris pimpinan Santoso di hutan persembunyian mereka di Poso saat masih lengkap beberapa waktu silam.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Abdullah Hamann

VIVA.co.id – Kepala Operasi Tinombala Kombes Pol Leo Bona Lubis mengklaim kelompok terduga teroris, Mujahidin Indonesia Timur, pimpinan Santoso alias Abu Wardah, semakin berkurang.

Human Rights Watch Menuduh China Menutup dan Menghancurkan Masjid-masjid

Perkiraan polisi, kini kelompok bersenjata itu hanya tersisa 25 orang, lantaran banyak yang tewas dalam baku tembak dengan militer. "Sekarang tinggal 25 orang lagi," kata Leo di Jakarta, Selasa 26 April 2016.

Menurut Leo, dari 25 orang itu, kepolisian memastikan seorang di antaranya adalah etnis Uighur China yang masih bergabung dengan Santoso. Sebab dari pemeriksaan, diduga kuat hanya ada enam etnis Uighur yang sudah bergabung.

51 Negara Kecam China Karena Melanggar Hak-hak Warga Uighur

"Uighur ada enam. Empat terdahulu (tewas) terus kemarin (tewas) jadi lima. Sekarang tinggal satu lagi," kata Leo.

Kelompok bersenjata pimpinan Santoso telah bercokol di hutan Poso selama bertahun-tahun. Kelompok ini telah mengatakan berbaiat kepada kelompok Islam radikal di Suriah atau ISIS.

Kunjungi Uighur, Pidato Xi Jinping Dikritik karena Dianggap Menindas Kaum Muslim

Kelompok ini memanfaatkan hutan sebagai sarang bersembunyi. Sesekali waktu, mereka ke perkampungan untuk mencari makanan. Namun belakangan sejak sejumlah operasi perburuan terhadap Santoso digencarkan, kelompok ini semakin sulit mencari logistik.

Sebab itu, beberapa anggota kelompok Santoso banyak yang tertangkap dan terbunuh justru ketika mencari logistik di desa terdekat.

Xi Jinping bersama para penampil di Museum Xinjiang Uyghur, Urumqi, Xinjiang

Mengenal Xinjiang, Rumah Mayoritas Muslim di Negara China

China merupakan salah satu kekuatan global yang signifikan, dikenal dengan sebutan "Negeri Panda". Xinjiang, salah satu provinsi di China dengan mayoritas muslim di sana.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024