Awasi Laut, TNI AU Butuh Satu Skuadron Pesawat Amfibi

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna.
Sumber :
  • Anwar Sadat

VIVA.co.id – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna mengaku, pihaknya belum optimal mengawasi laut Indonesia karena belum adanya alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang mumpuni. 

Tiga Alutsista Tambahan Dierahkan Operasi SAR Korban Pesawat Smart Aviation di Tarakan

Menurut Agus, untuk mengawal wilayah alur laut kepulauan Indonesia (Alki) 1 yang membentang di atas Selat Malaka, dibutuhkan minimal empat pesawat.

"Jadi gini, kalau kita berpikir ideal, kita bisa membayangkan berapa luas wilayah kita. Alki satu saja sudah luas. Berarti minimumnya saja sudah membutuhkan 4 pesawat (amfibi)," kata Agus saat seminar Nasional Kedirgantaraan "Meningkatkan Peran TNI AU, Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia", di Klub Eksekutif Persada Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 25 April 2016.

Harimau Mengaum! Kekuatan Baru Pertahanan Indonesia dengan Tank Canggih Berkaliber 105mm

Dengan adanya tiga wilayah Alki, TNI AU setidaknya membutuhkan sekitar satu skuadron pesawat yang berjumlah sekitar 12-16 alutsista udara. "Ya, diperkirakan kebutuhan minimalnya segitu (satu skuadron)," katanya.

Saat ini, kata Agus, pihaknya menyerahkan sepenuhnya pengadaan kepada Kementerian Pertahanan (Kemhan). TNI AU hanya mengirimkan spesifikasi teknis (spektek) sesuai kebutuhan prajurit matra udara.

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

"Masalah hasilnya pesawatnya apa, nanti tanyakan ke Kemhan. Kalau kami hanya spektek. Kalau kita membutuhkan seperti ini, kebutuhannya seperti ini," ujarnya.

Agus mengatakan, dahulu TNI AU pernah memiliki pesawat tipe amfibi yang dapat digunakan untuk berpatroli dan kebutuhan SAR maupun pemadaman kebakaran hutan.

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros

Mengenal Kendaraan Khusus Pengangkut Roket Astros Buatan Asli Indonesia

Kendaraan khusus untuk mengangkut amunisi Roket Astros dipamerkan dalam Defile Alutsista TNI yang diadakan untuk memperingati HUT ke-78 TNI di Silang Monas lalu

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024