Mantan TKW Ini Dirikan Rumah Baca Gratis untuk Anak

Maria, pendiri Istana Rumbia yakni rumah baca gratis di Wonosobo Jawa Tengah. Selain buku baca gratis, ia juga memberikan kursus bahas Inggris untuk pengunjungnya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ronaldo Bramantyo

VIVA.co.id – Istana Rumbia, demikian nama yang disematkan oleh Siti Mariam Ghozali alias Maria Bo Niak, untuk rumah baca miliknya di Desa Lipursari Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

DPR Desak Pemerintah Selamatkan Rita dari Hukuman Gantung

Ruang sederhana dengan berukuran luas 5x8 meter ini memang menyimpan ratusan buku bacaan. Setiap hari dan sudah berlangsung selama 10 tahun, Istana Rumbia pun tak pernah sepi dari pengunjung.

Maria, dahulunya merupakan mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Bertahun di negeri orang membuatnya tergelitik untuk membuat sesuatu yang abadi di desanya.

Kemlu Ajukan Banding Vonis Mati TKW di Malaysia

Sebab itu, Maria pun memulainya dengan membuat taman baca gratis untuk seluruh warga desanya. "Tahun 2006 didirikan. Dan semua buku disini boleh dibaca gratis," ujar Maria, Rabu 20 April 2016.

Menurut Maria, rumah baca gratis itu digagasnya dari sebuah ide sederhana. Ia hanya hendak agar seluruh anak di desanya bisa membuka mata lewat buku.

Kisah TKW di Suriah yang Berhasil Kembali Selamat dari ISIS

"Lewat membaca itu bisa mengetahui isi dunia. Sebab itu, saya ingin semua orang membaca," katanya.

Kini, Istana Rumbia tidak hanya menyediakan bacaan gratis. Namun juga sudah menjadi wadah bermain sambil belajar anak di Desa Lipursari.

Tak cuma itu, Maria yang juga memiliki bakat menulis, juga menularkan kepiawaiannya membuat tulisan kepada anak-anak desa. "Kami sendang disini. Kami bisa membaca sepuasnya, dan belajar banyak hal," kata Taji Dhorifah, siswa sekolah dasar setempat yang bermain di Istana Rumbia.

Ronaldo Bramantyo/Wonosobo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya