Lagi, Gajah Sumatera Tewas Diracun di Perkebunan Sawit

Warga berada di samping seekor gajah sumatera jantan yang mati di kawasan perkebunan kelapa sawit PT Dwi Kencana Semesta Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, Aceh, Minggu (17/4/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

VIVA.co.id – Seekor gajah Sumatera (Elephant maximux sumatranus) kembali ditemukan mati di areal perkebunan sawit milik suatu  perusahaan di Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Minggu 17 April 2016.

PNS Lampung Timur Terlibat Sindikat Penjualan Gading Gajah

Gajah jantan berusia empat tahun itu diperkirakan tewas akibat menenggak racun yang disebar untuk melindungi serangan binatang kepada kebun sawit.

"Kemungkinan ini gajah diracun. Kami menemukannya pagi Minggu sekira pukul 08.30," kata salah seorang warga yang menemukan.

18 Tahun Tanah Diduduki, Warga Serbu Perusahaan Sawit

Kepolisian setempat mengaku sudah menerima laporan perihal kematian satwa dilindungi tersebut. Sejauh ini dari data yang ada, setidaknya sejak tahun 2015 hingga 2016, sudah ada empat ekor gajah yang ditemukan mati di lahan perusahaan.

"Motif kematian gajah belum bisa kami tentukan. Cuma dari pemeriksaan awal tidak ada tanda kekerasan di tubuh gajah," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, AKP Budi Nasuha.

Gajah Sekarat, Ridwan Kamil Tegur Kebun Binatang Bandung

Kini guna memastikan penyebab kematian, kepolisian bersama tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam akan melakukan proses identifikasi terhadap bangkai mamalia darat terbesar tersebut.

Ilham Zulfikar/Aceh

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya