Ketua MPR: Kerjasama Indonesia-Cina Harus Ditingkatkan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua MPR RI  Zulkifli Hasan menerima kunjungan Ketua Chinese People's  Political Counsultative Conference (CPPCC) Shanghai Mr. Wu Zhiming. Pertemuan berlangsung di  Ruang Kerja Ketua MPR, Gedung  Nusantara 3 lantai  9, kompleks parlemen, Kamis 14 April 2016.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Kepada tamunya Zulkifli mengatakan dirinya mengikuti kegiatan kunjungan yang dilakukan Ketua CPPCC di Indonesia selama tiga hari. Ketua MPR berharap, kunjungan itu  bisa menambah erat hubungan Indonesia-Cina yang sudah berjalan selama ini.

Kepada tamunya Zulkifli mengatakan, pemerintah Indonesia tengah fokus melakukan pembangunan  infrastruktur. Mulai dari pembangunan  kereta, jalan  tol, pelabuhan, hingga penyediaan tenaga listrik, sebesar 35 ribu watt dalam lima tahun. Sebagian dari proyek tersebut merupakan kerjasama dengan Cina.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/04/14/570f5952c4317-ketua-mpr-ri-zulkifli-hasan_663_382.jpg

Ke depan Zulkifli berharap kerjasama kedua negara harus ditingkatkan. Indonesia juga akan merasa gembira bila ada pengusaha Cina yang mau bergabung, dan mengembangkan sektor penyediaan tenaga listrik. Apalagi, di Cina memang terdapat  teknologi perlistrikan. Sementara Indonesia memiliki tempat, membutuhkan teknologi, dan kebutuhan terhadap listrik.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024

Menjawab harapan Zulkifli,  Wu Zhiming merasa senang. Apalagi Cina juga menguasai berbagai teknologi yang dibutuhkan Indonesia. Antara lain teknologi pelabuhan. Hingga kini teknologi pelabuhan Cina menguasai hingga 80 persen pelabuhan dunia. Di Cina juga memiliki teknologi penyediaan listrik yang sangat hemat dan murah. Cocok untuk diterapkan di Indonesia.

Di kota seperti Jakarta, menurut Wu Zhiming, lebih baik dikembangkan kendaraan menggunakan rel. Karena kendaraan memakai rel lebih mudah pengaturannya, dibanding jalan tol. Selain itu kendaraan berbasis rel juga lebih efisien. Karena dua rel pada kereta api, misalnya sepadan dengan 12 jalur jalan konvensional.  (Web)

Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022