Mendagri: 3 Masalah Ancam Pemerintahan Jokowi-JK

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, memaparkan tiga tantangan yang dihadapi pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla saat ini.

Polisi Surabaya Bongkar Kasus Narkoba, Sita 46 Kg Sabu

Pertama, korupsi. Menurut Tjahjo semua aparatur negara harus paham potensi dan area rawan korupsi. Alasannya, jika sudah paham letak area rawan korupsi, maka bisa dipetakan cara untuk mengantisipasinya.

"Misal kalau pejabat atau kepala daerah, area rawan korupsi itu pada penyusunan anggaran, retribusi pajak, dana bansos hibah. Dana bansos tak pernah tepat sasaran, selalu ada pemotongan," ungkap Tjahjo di gedung Rektorat Bala Sawala, Universitas Padjajaran, Jatinangor, Jawa Barat, Rabu 13 April 2016.

Penangkapan Komika Fico Fachriza Buntut Konsumsi Tembakau Gorilla

Kedua masalah Narkoba. Tjahjo menyebut narkoba saat ini sebagai musuh utama negara.

"Narkoba musuh utama kita. Setiap hari 60 orang meninggal. Tak kenal jabatan, tak kenal agama. Masuknya narkoba ke Indonesia juga 80 persen dari wilayah perbatasan," kata dia.

Istri Ardhito Pramono Datangi Polres Metro Jakarta Barat

Terakhir, ancaman terorisme dan radikalisme. Tjahjo mengungkapkan, banyak warga negara asing masuk ke Indonesia demi tujuan jihad.

"Warga asing itu masuk ke Indonesia dikoordinasikan dari (lembaga pemasyarakatan) Nusa Kambangan. Ada seruan tak bisa jihad di Suriah, ya jihad di Indonesia," terang dia.

Menurut Tjahjo, siapapun Presidennya tiga masalah tersebut akan selalu mengiringi menjadi ancaman. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya