Kemhan-PP Muhammadiyah Sepakat Bina Kesadaran Bela Negara

Kementerian Pertahanan dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah tandatangani MoU
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang pembinaan kesadaran bela negara, Rabu, 13 April 2016.

Proyek Kantor Prabowo di IKN Senilai Rp 1,7 Triliun Mulai Dilelang

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Potensi Pertahanan Kemhan Timbul Siahaan dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir. Kegiatan itu disaksikan langsung Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu di kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

"Kesepakatan dilakukan berdasarkan pertimbangan bahwa kesadaran bela negara tidak dibawa sejak lahir atau tumbuh dengan sendirinya. Tapi, perlu ditumbuhkembangkan melalui berbagai kegiatan internalisasi, seperti pendidikan atau pembinaan kesadaran bela negara," kata Ryamizard.

Hari Ke-2 Lebaran, Prabowo Keliling Kunjungi Kerabat: Jokowi, ARB, Dasco, Zulhas hingga Airlangga

Menurut dia, implementasi dari nota kesepahaman tersebut antara lain, Muhammadiyah akan memfasilitasi pendidikan kesadaran bela negara pada setiap kegiatan yang dilaksanakan. Di antaranya melalui lembaga pendidikan (perguruan tinggi, sekolah), seminar dan rapat pimpinan pengurus.

"Kesadaran bela negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia," ujar Ryamizard. 

Prabowo Apresiasi Patung Jenderal Sudirman yang Berdiri di Kementerian Pertahanan Jepang

Hal itu, lanjut dia, merupakan bentuk revolusi mental, sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman, serta untuk mewujudkan ketahanan nasional. (ase)

Menteri BUMN Erick Thohir

Israel-Iran Memanas, Erick Sebut Kontrak BUMN Pertahanan Naik 

Situasi geopolitik saat ini tengah memanas, khususnya konflik di Timur Tengah antara Israel-Iran. Konflik ini pun disebut akan memberikan dampak terhadap BUMN di sektor p

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024