Khutbah Jumat, Eks Pentolan Jamaah Islamiyah Ini Kecam ISIS

Mantan pimpinan Jamaah Islamiyah Abu Tholut
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Mantan terpidana kasus terorisme, Abu Tholut alias Mustofa (53) menjadi khotib khutbah Jumat di sebuah masjid di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 8 April 2016.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Dalam khutbahnya, mantan Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah itu secara terang-terangan mengecam jaringan terorisme ISIS. Pria yang sejak 20 Oktober 2015, keluar dari jeruji besi Lembaga Pemasyarakatan Kedungpane, Semarang, itu memang secara khusus diundang untuk mengisi khutbah Jumat di Masjid Baituttaqwa, Krapyak Semarang, Jumat, 8 April 2016.

Saat menyampaikan ceramahnya, sejumlah petugas Badan Nasional Penangggulangan Terorisme (BNPT) dan anggota polisi turut serta mengawasi.

"Bagaimana kita Ahlussnah Waljamaah jangan sampai terpengaruh aliran sesat seperti khawarij. ISIS itu adalah aliran khawarij masa kini yang kerap mengkafirkan seseorang, " kata Abu Tholut usai memberikan khutbah.

Tapi saat ini, Abu menyebut pergerakan teroris ISIS, khususnya di Indonesia kini telah mulai menyusut. Hal itu disebabkan berbagai faktor. Salah satunya telah banyak anggota yang menyatakan diri keluar dari militansinya.

"Itu karena kesalahan mereka sendiri. Mereka deklarasi dimana-mana, demonstratif, mengajak orang hijrah. Tapi para tokoh banyak yang keluar. Ibaratnya seperti kandang ayam kehilangan induk. Enggak bisa berkembang," ujar pria asal Kudus Jawa Tengah itu.

Faktor lain, kata Abu, organisasi militan ISIS kini mulai terbuka kedoknya karena ulah mereka sendiri. Sehingga masyarakat telah melihat bahwa faham ini benar-benar sesat.

"Kini banyak yang mengerti paham mereka. Sehingga tidak mudah merekrut. Apalagi pasca bom Thamrin. Bahasanya mereka kini sudah "tiarap" dan enggak kayak awal-awal yang sifatnya demonstratif, " ujar pria yang memiliki keahlian merakit bom itu.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Mantan pendiri kamp pelatihan di Aceh ini menilai, ISIS kini sedang terseok-seok karena aksinya yang terus menerus dilawan masyarakat. Ia menyebut bahwa apa yang selama ini dilakukan ISIS hanya  propaganda dan kebohongan belaka. Khususnya berbagai berita yang disebarkan lewat media sosial selama ini.

"Mereka banyak bohongnya. Mereka mengklaim sebagai penguasa wilayah Suriah-Irak. Padahal mereka tidak menguasai itu. Tapi lewat jubir resminya mereka mengaku-ngaku. Kebohongan lain, orang diiming-imingi supaya hijrah kesana dengan gaji tinggi. Tapi ternyata tidak."

Diketahui, penolakan Abu Tholut terhadap ISIS ini bahkan telah dilakukan sejak dirinya menjalani masa hukuman di penjara. Terakhir, pada 27 Agustus 2014, ia dan 19 napi terorisme yang ada di Lapas Kedungpane Semarang justru menolak deklarasi ISIS tersebut. Bahkan kala itu Mustofa dan napi lainnya serta-merta meneriakkan bahwa ISIS telah jelas-jelas sesat.

(mus)

Terkuak Alasan Rusia Kecolongan Diserang ISIS, Meski Sudah Diwanti-wanti AS
Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024