TNI AD: Pendek Pengetahuan Dorong Prajurit Pakai Narkoba

Ilustrasi barang bukti narkoba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1408/Makassar, Kolonel Infanteri Jeffry Octavian dan Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Angkatan Laut, Letkol Budi Iman Santoso, tertangkap saat melakukan pesta narkoba.

Penangkapan Komika Fico Fachriza Buntut Konsumsi Tembakau Gorilla

Menurut Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen Sabrar Fadhilah, ada banyak sebab yang membuat prajurit TNI sampai menggunakan narkoba.

"Saya kira banyak hal di dalamnya. Kesenangan semu, tingkat pengetahuan yang pendek," kata Sabrar, di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis 7 April 2016.

Istri Ardhito Pramono Datangi Polres Metro Jakarta Barat

Menurut Sabrar, narkoba adalah bisnis yang sulit untuk diberantas, karena memiliki banyak cabang. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab sulitnya menghindari jeratan narkoba. “Mungkin ditutup dari pintu sini, ada pintu lain. Tidak bisa lewat kamu, lewat anakmu, dan seterusnya," terang Sabrar.

Sebagai contoh, Sabrar mengungkapkan, pembinaan intensif selalu dilakukan di lingkungan TNI. Pembinaan juga sering dilakukan komandan terhadap para anak buahnya. Namun begitu, tetap saja ada oknum TNI yang menggunakan narkoba.

Profil Ardhito Pramono, Terjerat Dugaan Kasus Narkoba

"Karena dia (komandan) harus bertanggung jawab juga dengan timnya dan keluarganya. Saya kira tidak kurang program itu. Ini kan hanya sekian persen dari personel, masih banyak yang bagus."

(mus)

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan merilis kasus sabu.

Polisi Surabaya Bongkar Kasus Narkoba, Sita 46 Kg Sabu

Kasus tersebut adalah pengembangan dari kasus serupa dengan barang bukti 45 kilogram sabu pada Desember 2021 lalu.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2022