Puluhan Kambing di Gunungkidul Mati dengan Darah Kering

Ilustrasi/Seorang bocah memberi makan kambing yang dijual di pinggir jalan
Sumber :
  • REUTERS/Nyimas Laula

VIVA.co.id – Warga Desa Giripurwo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, diresahkan dengan munculnya makhluk misterius yang memangsa ternak kambing milik mereka dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Olahan Daging Kambing Ini Siap Lecut Gairah Pasangan Suami-Istri

Makhluk yang hingga kini belum diketahui wujudnya tersebut, dari kesaksian warga tidak memakan daging kambing, namun hanya menghisap darahnya saja hingga menyebabkan ternak kambing mati. Setidaknya sudah ada 45 ekor kambing sudah menjadi korban.

"Hanya digigit lalu diminum darahnya, dagingnya hanya dimakan sedikit di sekitar pinggul," kata Kepala Desa Giripurwo, Supriyadi, Senin 28 Maret 2016.

Makan Daging Berlebih saat Idul Adha, Bahaya Diabetes Mengintai

Sejauh ini dari pengakuan warga, makhluk misterius tersebut menyerang kambing yang ditaruh dalam kandang tak jauh dari rumah milik peternak. Biasanya ia memangsa kambing pada pukul 02.00 WIB di saat pemilik kambing sedang lelap tertidur.

"Di dusun saya, Karangnongko saja ada 15 kambing, yang terakhir ada tujuh kambing dalam satu kandang mati mengenaskan dalam satu malam," jelasnya.

VIDEO: Tanpa Obat Kuat, Makanan dan Minuman Ini Bikin Pria Tahan Lama

Untuk mengantisipasi serangan yang diduga dilakukan kawanan anjing liar, pihaknya mengintensifkan ronda malam agar bisa diminimalisir serangan hewan.

"Dua minggu warga lalu sudah melakukan mujahadah (pengajian) dan alhamdulilah dua minggu ini tidak ada serangan, semoga tidak ada serangan lagi," katanya.

Kapolsek Purwosari, AKP Mursidiyanto, menambahkan sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan penyebab matinya puluhan hewan ternak tersebut, namun kuat dugaan tewasnya hewan tersebut dikarenakan gigitan anjing liar.

”Hal tersebut diperkuat dengan terdapatnya sejumlah bekas gigitan pada leher hewan tersebut,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan Gunungkidul, Krisna Berlian, belum bisa dihubungi. Namun beberapa waktu lalu dalam kasus yang sama, Krisna menduga kawanan anjing liar yang biasa bermukim di sekitar perbukitan menjadi penyebab matinya kambing milik warga.

"Kemungkinan anjing liar. Jelang musim kemarau ini memang sering muncul, biasanya di daerah yang berbatasan dengan kawasan pegunungan," ujarnya beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya