Kronologi Kebakaran Rutan Bengkulu yang Tewaskan 5 Tahanan

Ilustrasi
Sumber :

VIVA.co.id - Kebakaran yang terjadi pada Jumat malam di Rutan Malabero, Bengkulu menyebabkan 5 orang tahanan tewas. Direktorat Jenderal Lapas melansir kronologi bentrok aparat dan tahanan hingga kebakaran yang terjadi pada Jumat malam, 25 Maret 2016 tersebut.

Dua Pekerja Tewas, Proyek Hotel Swiss Bell Dihentikan
Sekitar pukul 20.30 WIB pada Jumat malam, BNN Provinsi melakukan penggeledahan di Rutan Bengkulu. Namun terjadi perlawanan oleh tahanan dengan menjebol pintu hunian D. Lalu para tahanan membakar hunian A, B dan C kecuali blok wanita.
 
Identitas Dua Korban Tewas di Kebakaran Swiss-Belhotel
Bentrok terjadi, pihak rutan kemudian meminta bantuan Polda Bengkulu untuk pengamanan.
 
Kebakaran di Swiss-Belhotel, Api Sulit Dipadamkan
"Pukul 22.45 WIB situasi dapat dikendalikan," kata Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan HAM, Effendi Perangin angin sebagaimana dirilis, Sabtu pagi, 26 Maret 2016.
 
Dari 259 penghuni lapas, awalnya baru 231 tahanan yang bisa dikendalikan dalam kondisi listrik yang harus dipadamkan akibat terjadinya kobaran api. Namun kemudian 252 dari 259 penghuni lapas kemudian dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Bentiring, Bengkulu.
 
Akibat peristiwa tersebut, 5 orang narapidana tewas sementara 1 orang harus dirawat di Rumah Sakit Umum Bengkulu dan 1 orang lainnya kini diamankan oleh BNN Provinsi. 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya