Kapolda Metro Jaya Irjen Moechgiyarto Resmi Dilantik

Kapolri melantik tiga Kapolda di Rupatama Polri, Senin, 21 Maret 2016.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id - Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti memimpin upacara pelantikan dan serah terima jabatan tiga kepala kepolisian daerah (kapolda) di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 21 Maret 2016. Tiga kapolda yang dilantik kapolri adalah, Kapolda Metro Jaya, Kapolda Jawa Barat, dan Kapolda Riau.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya selaku pejabat Kepolisian RI, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 45, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," kata Kapolri saat membacakan sumpah diikuti pejabat Polri yang dilantik.

Jenderal Badrodin dalam sambutannya mengatakan, rotasi jabatan terhadap anggota Polri merupakan hal yang sudah biasa dilakukan di institusi Polri. "Serah terima jabatan hal yang rutin, dinamika organisasi, kaderisasi, dan regenerasi di tubuh Polri," kata Badrodin Haiti.

Oleh karena itu, menurut Badrodin, tantangan ke depan yang akan dihadapi adalah masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), radikalisme, dan penyalahgunaan narkoba.

"Itu menjadi tantangan serius yang harus kita jawab," ujar dia.

Sebagaimana diketahui, Kapolda Metro Jaya akan dijabat Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto, menggantikan Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian yang dipromosikan sebagai kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sementara itu, Kapolda Jawa Barat yang sebelumnya dijabat Irjen Moechgiyarto, akan diserahterimakan kepada Inspektur Jenderal Polisi Jodie Rooseto.

Kemudian, Kapolda Riau yang sebelumnya dijabat Brigadir Jenderal Polisi Dolly Bambang Hermawan, akan diserahkan kepada penggantinya Brigadir Jenderal Polisi Supriyanto yang sebelumnya sebagai karodal Pres SSDM Polri. Selanjutnya, untuk jabatan Karodal Pres SSDM Polri akan diisi oleh Kombes Pol Rachmat Mulyana yang sebelumnya sebagai karo SDM Polda Metro Jaya.

Rotasi perwira tinggi Polri tersebut tertuang dalam Surat Telegram KEP. ST/604/III/2016, tertanggal 14 Maret 2016, yang ditandatangani oleh AS SDM Irjen Pol Sabar Rahadjo atas nama kapolri. (one)

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?
Ketua Rampai Nusantara (Doc: Istimewa)

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Organisasi Kemasyarakatan Rampai Nusantara mengapresiasi Kapolri atas lancarnya arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024