SBY Ungkap Lika-liku Jembatan Suramadu

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Jembata Suramadu
Sumber :
  • Ist

VIVA.co.id - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono mengunjungi Jembatan Suramadu bersama keluarganya, Sabtu, 19 Maret 2016. Dalam keterangan pers yang diterima, SBY menceritakan bagaimana proses pembangunan Jembatan Suramadu yang melalui beberapa era pemerintahan.

SBY: Salah Saya Apa Disadap

"Tahun 60-an adalah mimpi, cita-cita atau gagasan untuk membangun jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura. Tapi baru medio 80-an itu ada kajian serius untuk mengimplementasikan mimpi banyak orang untuk membangun jembatan panjang, great brigde di tempat ini," ujar SBY.

Di era Pemerintahan Soeharto, kata SBY, BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menristek ditugaskan untuk melakukan kajian. Sejauh mana bisa dibangun jembatan antara Surabaya dengan Madura.

Nama SBY Disinggung-singgung dalam Sidang Ahok

"Akhirnya di era Presiden Soeharto kajian demi kajian dilakukan, tapi karena krisis datang tahun 1997 dan 1998, awal 1999 terhentilah semua ini," ujar SBY.

Menurut SBY, pembangunan Jembatan Suramadu terlupakan di era Presiden Gusdur dan ketika Habibie menjabat sebagai Presiden. Ketika itu banyak yang mempertanyakan kenapa pembangunan tidak dilanjutkan. Bahkan, katanya, sampai Pemda Jawa Timur yang mengingatkan kembali pemerintah pusat.

Dukungan SBY ke Agus di Detik-detik Pengambilan Nomor Urut

Kemudian, pada saat pemerintahan Megawati, kelanjutan pembangunan pun kembali muncul. "Tahun 2003 Presiden Megawati mulai membangun jembatan ini atau ground breaking. Terjadi pergantian Ibu Megawati kepada saya akhir 2004 dan terus berlangsung. Tapi pada satu titik pembangunan ini terhenti oleh satu dan lain sebab, sejumlah faktor," ujarnya.

Hingga akhirnya, SBY mengatakan benar-benar memfokuskan pada pembangunan Jembatan Suramadu ini. Ia mengumpulkan sejumlah menteri-menteri terkait, termasuk Gubernur Jawa Timur, dalam sebuah rapat mendadak di luar Istana Negara.

"Pertemuan penting, boleh dikata pertemuan sejarah. Sebutlah sidang kabinet darurat, yang khusus membahas kelanjutan pembangunan Jembatan Suramadu ini. Kami laksanakan di kompleks Paiton, Pasuruan," kata SBY.

Dalam rapat darurat tersebut ia mendapat laporan bahwa ada sejumlah isu fundamental terkait proses pembangunan Jembatan Suramadu. Dalam rapat itu, SBY akhirnya mengeluarkan keputusan bahwa proyek akan dilanjutkan dengan berbagai solusi terhadap masalah yang ada.

"Saya carikan solusinya, antara lain karena akhirnya kita kerja sama dengan Tiongkok, maka loan (pinjaman) yang mau disediakan oleh Tiongkok, belum deal," ujar SBY.

Persoalan kedua yakni soal berapa banyak dana APBN yang diperlukan untuk proyek ini, lalu tentang struktur dan teknis pembangunan. Termasuk soal sistem kerja sama antara teknisi Tiongkok dan teknisi Indonesia untuk proyek Jembatan Suramadu.

"Saat itu pembangunan terhentinya bagian tepi Madura sudah ada dan jembatan dari Surabaya sudah ada, tapi tengahnya masih kosong. Saya ingat berputar-putar di sekitar ini dengan kapal perang TNI AL untuk melihat-lihat langsung, mana gapnya," kata SBY.

Dalam rapat itu diputuskan bahwa Menteri PU saat itu, Joko Kirmanto, dikirim ke Tiongkok dan akhirnya perjanjian deal. SBY menyebut, pertemuan bersejarah itu yang pada akhirnya mewujudkan dibangunnya Jembatan Suramadu.

"APBN, seingat saya (Menkeu) masih Sri Mulyani, kita minta untuk segera kita rencanakan yang pasti sesuai dengan kemampuan negara. Tapi saya minta proyek besar ini jalan kembali," kata SBY.

Setelah satu tahun pembangunan, kata SBY, akhirnya pekerjaan pun usai. Pertengahan tahun 2009, SBY meresmikan dibukanya Jembatan Suramadu. Meski ada timbul masalah sosial di Madura, namun ia merangkul para ulama dan tokoh masyarakat setempat.

"Dulu dalam pidato saya, saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan dari Pak Habibie, yang sebetulnya era Pak Harto saat itu. Kepada Presiden Gusdur, Presiden Megawati saya juga ucapkan terima kasih," ujar SBY.

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono di Jembata Suramadu
 
Jenderal purnawirawan ini mengucapkan terima kasih kepada Megawati yang memulai ground breaking Jembatan Suramadu. Bahwa pada akhirnya SBY yang menyelesaikan, itu disebut sebagai upaya kerja bersama.
 
"Presiden Megawati yang telah memulai ground breaking-nya. Kemudian juga ketika terhentinya jembatan ini, yang menurut saya bisa saja terjadi setiap saat, saya anggap tugas saya untuk melanjutkan dan akhirnya Alhamdulillah terwujud," kata SBY.
 
Dalam kunjungan ke Jembatan Suramadu, SBY datang bersama sang istri, Ani Yudhoyono, cucunya Aira dan ibunya Annisa Pohan, serta putera keduanya Edhie Baskoro (Ibas). Mereka tampak menyapa warga dan menyempatkan diri untuk berfoto di sekitar Jembatan Suramadu.
 
"Itulah proses panjang dari awal sampai jembatan ini terbentuk. Sejarah agak panjang, tapi saya kira ini satu ikon yang patut kita syukuri, mudah-mudahan dengan telah terhubungnya Surabaya dengan Madura ini, daerah ini makin besar."
 
(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya