Demokrasi yang Berkembang Saat Ini Seperti Pasar Bebas

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :

VIVA.co.id – Dihadapan ratusan blogger yang berkumpul di Jogjakarta, 18 Maret 2016, Ketua MPR Zulkifli Hasan memaparkan bahwa dalam era reformasi ini ada sisi positif ada pula sisi yang dirasa tidak sesuai dengan harapan.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

Diungkapkannya kepada para blogger dirinya pernah menemui kelompok masyarakat yang menyatakan bahwa amandemen yang dilakukan oleh MPR telah menyimpang dari tujuan para pendiri bangsa. Zulkifli Hasan pun mengakui pernah menemui pihak yang ingin UUD diamandemen lagi, ada pula yang menyebut bahwa UUD sudah bagus.

Menurut Zulkifli berbagai pendapat itu ada karena demokrasi yang ada berkembang dalam era reformasi. Meski demikian diakui bahwa demokrasi yang berkembang saat ini seperti pasar bebas. Demokrasi yang berprinsip seperti inilah yang menguntungkan para elit. Untuk itu dirinya menegaskan bahwa demokrasi perlu norma yang disepakati bersama.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Tak hanya norma dalam demokrasi yang perlu dimunculkan. Haluan negara juga perlu diciptakan. Haluan negara yang diciptakan tak hanya dalam masalah ekonomi namun juga masalah lainnya. Haluan negara harus memuat semua bidang secara komprehensif.

“Dalam masalah sosial budaya kita tak bisa bebas semaunya. Kita jangan sampai disamakan dengan Barat. Sebab Barat itu kultur, bahasa dan agama sama sedang Indonesia berbeda dan beragam,”ujarnya.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024

Zulkifli Hasan mengutip pendapat bahwa Indonesia tak ingin ikut ideologi Blok Barat dan Blok Timur namun Indonesia memiliki ideologi sendiri, yaitu Pancasila. (rin)

Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022