Ada 50 Calon Anggota Kompolnas, Pansel Minta Masukan Publik

Ketua Pansel Kompolnas Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id – Panitia seleksi (Pansel) anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) telah melakukan seleksi terhadap 81 peserta calon anggota Kompolnas periode 2016-2019.

Presiden Masih 'Gantung' Nasib Badrodin Haiti

Ketua Pansel Kompolnas, Komisaris Jenderal Polisi (Purn), Imam Sudjarwo mengatakan, dari 81 orang calon tersebut, seorang peserta tidak mengikuti ujian tertulis. Lalu yang dinyatakan lulus seleksi tes tertulis berjumlah 50 orang.

"Dengan komposisi 50 peserta terdiri 48 pria dan 2 wanita. Pakar Kepolisian 14 orang dari purnawirawan Polri dan dan 4 orang non-Polri. Dan tokoh masyarakat ada 36 orang," kata Imam Sudjarwo di Gedung Kompolnas, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis, 17 Maret 2016.

Ini 12 Nama Calon Kompolnas 2016-2020

Menurut Imam, rencananya 50 peserta calon anggota Kompolnas akan melakukan seleksi penilaian kemampuan atau assessment test mulai tanggal 20 hingga 24 Maret 2016 di Gedung TNCC Lantai 10 Mabes Polri.

Selain itu Pansel Kompolnas juga telah melakukan komunikasi dengan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Badan Intelijen Negara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan juga meminta masukan masyarakat mengenai rekam jejak para calon anggota Kompolnas.

Kompolnas Tak Punya Nama Jenderal Pengganti Badrodin Haiti

"Pansel Kompolnas membuka kesempatan ke masyarakat sampai tanggal 11 April 2016 untuk kasih informasi track record para peserta seleksi melalui alamat pansel.kompolnas.co.id atau kompolnas.co.id," ujarnya.

Sementara Anggota Pansel Kompolnas, Sarlito Wirawan Sarwono mengatakan bahwa assesment test akan dilakukan dengan serangkaian analisis rekam jejak karier. Selain itu akan ada diskusi, simulasi dan yang akan lolos adalah yang memperoleh penilaian paling baik.
 
"Nanti diambil 24 orang untuk disaring lagi menjadi 12 nama yang akan diajukan ke Presiden," kata Sarlito.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti saat dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara.

Jokowi Diminta Tegas Soal Pergantian Kapolri

Kapolri Badrodin Haiti segera pensiun. Dipertahankan atau tidak?

img_title
VIVA.co.id
26 Mei 2016