Hari Terakhir PIN, Bayi Kembar Siam Dapat Imunisasi

Bayi kembar siam di RSCM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari
VIVA.co.id
Lewati Masa Kritis, Bayi Kembar Siam Sudah Boleh Pulang
- Bertahun-tahun menghadapi berbagai kasus kembar siam, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo kini kembali sukses mengantarkan bayi kembar siam Dwi dan Tri - yang mengalami kasus siam jenis conjoined twin ischiopagustetrapus - pulang dengan kondisi yang jauh lebih baik.

Yogyakarta Absen Gelar Pekan Imunisasi Nasional Polio
Kedua bayi cantik tersebut tampak ceria dengan kondisi badan kaki yang sudah seperti anak pada umumnya. Sebelum diperbolehkan pulang, kedua bayi yang lahir pada 7 Mei 2015 tersebut sempat diberikan imunisasi polio. 

Setelah 10 Jam, Kembar Siam di Kepala Berhasil Dipisahkan
Mengingat hari ini adalah hari terakhir Pekan Imunisasi Polio, dan yang memberikan Imunisasi langsung adalah Dr.dr.Aryono Hendarto, Sp.A(K), dokter spesialis anak dari RSCM.

Sedangkan dari sisi Rehabilitasi medik, dokter Luh K Wahyuni menyampaikan bahwa karena yang dioperasi adalah bagian panggul, maka tidak ada perbedaan signifikan dengan anak lainnya. Hal ini karena bagian atas kedua bayi ini normal dan berfungsi dengan baik.

Untuk itu, yang harus diperkuat adalah otot panggul, agar bisa duduk dan berdiri sendiri. "Bayi ini cuma bermasalah di bagian tulang panggul, dan itu sudah dikoreksi, tinggal pola geraknya," kata Dr Luh.

Bayi kembar siam ini juga kedepannya bisa berjalan dengan baik, hal ini karena panggul sudah dioperasi dan jika orangtua bisa bekerjasama dengan baik, kemungkinan tidak ada masalah.

"Kedua anak nantinya minder pasti ada, tapi nanti bagaimana kami sebagai orangtua harus bisa memberikan penjelasan. Kita harus siap," ujar Yana, Ayah kedua bayi kembar.

Orangtua bayi kini sudah tampak lebih bahagia melihat kondisi kedua anaknya saat ini, hal ini karena sudah diperbolehkan pulang ke rumah.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya