Perahu Pustaka Tenggelam, Ratusan Buku Terancam Rusak

Ilustrasi Perahu Pustaka
Sumber :
  • perahupustaka.com

VIVA.co.id – Perahu pustaka Pattingaloang mengalami kecelakaan di perairan Teluk Mandar Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, Minggu, 13 Maret 2016.

Merinding! Kang Maman Suherman Ungkap Dahsyatnya Salat Tahajud dan Dhuha

Perahu kayu yang membawa ribuan buku bacaan dan dikelola oleh Muhammad Ridwan Alimuddin ini terbalik diduga karena kondisinya yang tidak stabil.

Menurut Ridwan, sang pemilik perahu pustaka, seperti dikutip dari penjelasannya di laman perahupustaka.com, saat kejadian di dalam perahu terdapat 10 orang, tiga pengemudi dan tujuh penumpang.

Kakek 73 Tahun Tewas dengan Kepala Hancur, Pemuda Kena Prank Nikahi Gadis Ternyata Pria Tulen

Salah seorang penumpang adalah Maman Suherman, yakni pengisi acara di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Kala itu, perahu selain membawa lima boks buku atau sekitar 500 buku bacaan, juga membawa 20 batang bambu mentah. "Perahu berat di bagian atas, perahu cenderung tidak stabil," kata Ridwan.

Cek Fakta: Guinea Mundur, Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024

Beruntung, kapal ini cepat mendapat pertolongan. Ratusan buku yang terapung pun juga dapat diselematkan. Meski begitu, seluruhnya telah terlanjur basah karena terendam air laut.

Maman, presenter dan penulis yang ikut terjatuh bersama perahu, mengaku mengalami luka lecet akibat kejadian itu.

"Luka lecet di tangan dan kaki saja," katanya.

Perahu Pustaka Pattingaloang digagas sejak tahun 2015. Ia membawa ribuan buku untuk masyarakat di daerah pelosok. Target layanan ini adalah untuk meningkatkan minat baca sekaligus mencerdaskan warga yang ada di pelosok terpencil.

Rasman Abdul Rahman/Polewali Mandar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya