Perlu Kenali Gempa untuk Lihat Kerusakan

Rumah rusak akibat gempa di Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA.co.id - Ahli gempa asal Jepang, Profesor Suzuki mengatakan, perlunya mengenali kerusakan bangunan yang terkena gempa, agar perbaikan dapat dilakukan dengan tepat.

"Melalui alat sensor yang ditempatkan dalam suatu bangunan akan dapat diketahui kerusakan yang terjadi apakah berat, ringan, atau sama sekali tidak mengalami kerusakan," kata Guru Besar Toyo University Jepang itu, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Sabtu, 12 Maret 2016.

Suzuki mengatakan, sensor tersebut dapat mengetahui perilaku bangunan yang terkena gempa, baik itu akibat besaran getaran maupun frekuensi getaran yang berulang-ulang.

Lalu, dilanjutkan dengan membuat model bangunan dengan spesifikasi sesuai aslinya untuk kemudian dilakukan uji gempa seperti yang terjadi, baik kekuatan maupun frekuensinya. Dari hal itu, menurutnya, akan ketahuan berapa besar kerusakannya.

Jepang merupakan salah satu negara yang sangat peduli terhadap gempa yang terjadi di Padang dan Aceh. Sumbangan berupa alat uji, serta masukan mengenai bangunan tahan gempa telah menginsipirasi pemangku kebijakan.

Belum lama ini, dua ahli gempa asal Jepang, yakni Profesor Suzuki dan Profesor Yusuke Ono, hadir dalam seminar internasional yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang untuk memberikan pendapatnya mengenai gempa yang terjadi di Indonesia, khusunya di Padang dan Aceh.

Sedangkan ahli di bidang struktur, Profesor Herman Wahyudi mengatakan, keberhasilan bangunan anti gempa terletak pada pondasi bangunan, terutama untuk bangunan bertingkat tiga sampai lima harus menggunakan pondasi yang dilengkapi dengan sejumlah rusuk.

Menurut Herman, penggunaan rusuk ini diadopsi konstruksi sarang laba-laba yang menggunakan rusuk-rusuk berbentuk segitiga, sehingga meskipun termasuk pondasi dangkal, namun sangat kaku (rigid), sehingga kuat menahan gempa.

"Dalam bidang teknik sipil, rusuk berbentuk segitiga dikenal stabil, meskipun menerima tekanan (stressing) baik itu gempa atau beban berat," kata Herman dalam seminar yang diselenggarakan Universitas Negeri Padang.

Hal ini, jelas Guru Besar ITS itu, yang membuat bangunan-bangunan di Aceh dan Padang, yang menggunakan pondasi/ konstruksi sarang laba-laba tetap kokoh berdiri sampai sekarang ini, meskipun kedua daerah tersebut beberapa kali terkena gempa besar.

Herman yang meraih gelar doktor dari Paris ini berharap, kalangan Universitas Negeri Padang dapat terus melakukan riset dan mempelajari kekuatan dari konstruksi sarang laba-laba terhadap gempa.



Saat ini, di kompleks Universitas Negeri Padang sendiri terdapat sembilan bangunan bertingkat tiga dan empat yang menggunakan konstruksi hasil karya anak bangsa ini. Sehingga banyak peserta dari pengajar dan mahasiswa jurusan sipil dari berbagai perguruan tinggi di kota Padang ini antusias untuk bertanya.

Profesor Herman mengatakan, meskipun konstruksi sarang laba-laba termasuk dalam golongan pondasi dangkal, tetapi karena adanya rusuk (ribs) segitiga yang di dalamnya diisi dengan campuran tanah dan pasir yang dipadatkan membuat konstruksi ini kaku (rigid).

Herman menambahkan, agar konstruksi ini semakin kuat sebelum dipasang, maka sebelumnya harus ada perbaikan tanah terlebih dahulu (soil improvment), terutama di lahan-lahan yang memiliki kondisi tanah ekstrem.

Dia mengatakan, hasil penelitian dengan menumbukkan beban 80 ton di atas konstruksi laba-laba, ternyata tidak ada kerusakan sama sekali yang menunjukkan kombinasi rusuk dengan tanah dan pasir tersebut mampu meredam tekanan besar di atasnya.

Herman merekomendasikan, agar konstruksi sarang laba-laba ke depannya dibuat pabrikasinya, sehingga saat ada yang membutuhkan pekerjaan, dapat dilaksanakan dengan lebih cepat dan efisien karena tinggal dipasang di lokasi.

Dia juga melihat konstruksi sarang laba-laba lebih banyak menyerap tenaga kerja, karena tidak ada pekerjaan yang membutuhkan alat berat. Kalaupun membutuhkan alat, hanya pemadat tanah portabel.

Dengan telah diujinya melalui gempa yang terjadi di Padang dan Aceh, membuat Kepala Dinas di kota Padang dan Solok telah menerbitkan surat rekomendasi  bahwa sarang laba-laba merupakan konstruksi tahan gempa yang layak untuk dipergunakan.

Sementara itu, Katama selaku perusahaan pemegang paten konstruksi sarang laba-laba telah mendapat penghargaan upakarti dari Presiden, karena sumbangannya dibidang konstruksi berkelanjutan. (ase)

Gempa 5,6 SR Guncang Dompu, NTB
Rumah rusak berat akibat gempa bumi di Dompu, NTB

147 Rumah di Dompu Rusak Akibat Gempa

Kekuatan gempa 5,6 SR dengan kedalaman 18 kilometer

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016