Dinaikkan Setingkat Menteri, Kepala BNN Juga Sejajar Kapolri

Kepala BNN Komjen Budi Waseso
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id – Status Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) rencananya akan dinaikkan menjadi pejabat setingkat menteri. Hal ini membuat, Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso, akan memiliki jabatan setara dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

BNN Gerebek Rumah di Rawa Bebek, Sita 9 Pipa Isi Sabu

Namun, Buwas, sapaan akrab Budi, enggan membahas mengenai kesetaraan jabatannya dengan Kapolri. Termasuk, apakah nantinya perubahan ini juga akan mempengaruhi pangkat yang dia miliki. Menurutnya, peningkatan status jabatan kepala BNN menjadi setingkat menteri, ditujukan untuk mempermudah koordinasi dengan pemerintah.

"Saya kira status itu jangan dikaitkan dengan kepangkatan ya, yang penting adalah kewenangan karena ini berkaitan dengan koordinasi. Ketika punya kewenangan yang setara mempermudah koordinasi, salah satunya itu. Bukan karena pangkat," kata Buwas di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Maret 2016.

BNN Musnahkan 50 Kg Sabu Hasil Tangkapan 2 Bulan

Perubahan status ini juga akan menciptakan perubahan di dalam struktur internal BNN.

"Yang mengatur Menpan RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), kan menyangkut daripada beban negara. Saya kira itu jadi pertimbangan yang tidak mudah," katanya.

Budi Waseso Benarkan Tangkap Kasat Narkoba Polres Belawan

Mantan Kepala Bareskrim Mabes Polri ini juga enggan berspekulasi lebih jauh mengenai rencana ini, karena baru disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). 

"Inikan baru penyampaian Pak Menko Polhukam. Jadi, kita tunggu saja bagaimana realisasinya. Saya kira itu paling penting," ungkap Buwas. (ren)

Barang bukti pipa baja berisi sabu yang disita BNN dan Bea Cukai

Buwas: Sabu Dalam Pipa Baja Tak Terdeteksi Sinar-X

'Ini modus baru,' kata Kepala BNN itu.

img_title
VIVA.co.id
14 Juni 2016