Mendagri: Program Pembangunan Harus Dibuat Kepala Daerah

Mendagri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, meminta kepala daerah menjadi panglima pembangunan di daerahnya. Pasalnya, saat ini masih ditemukan gubernur, bupati, dan wali kota yang menyerahkan perencanaan dan realisasi program pembangunan daerah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Jaring Calon Kepala Daerah, Golkar Sumatera Utara Pastikan Tidak Ada Maharnya

"Ada gubernur, bupati, wali kota menyerahkan urusan pembangunan ke SKPD dan wakilnya. Sekarang ini harus kepala daerah," tegas Tjahjo di Grand Sahid Jaya Hotel, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Maret 2016.

Untuk itu, kata Tjahjo, kepala daerah secara periodik, minimal dua bulan sekali, harus memberikan paparan terkait berbagai program pembangunan dan kebijakan lainnya. Hal itu agar semua pemerintah daerah bisa terintegrasi, demi konektivitas pembangunan yang lebih baik.

PKS Berpeluang Usung Lagi Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2024

"Kuncinya membangun tata kelola pemerintah pusat dan daerah yang harmonis, efektif efisien, demi mempercepat reformasi birokrasi," kata Mendagri.

Tjahjo menambahkan, sinergi dan konektivitas antar elemen pemerintah wajib terjalin, demi terwujudnya program pembangunan. 

Ijeck dan Bobby Nasution Bersaing Raih Tiket Golkar di Pilgub Sumut 2024

"Pembangunan nantinya bukan hanya membangun wilayah, namun juga perbatasan harus diperhatikan," tutur Tjahjo. (ase)

Mendagri Tito Karnavian

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan rakyat agar menjaga persatuan, dan tetap hidup rukun menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024