Ketua Divisi Kelompok Terduga Teroris NJI Ditangkap

Anggota Polisi mengamankan lokasi saat akan melakukan penggeledahan rumah terduga teroris berinisial SY di Brengkungan, Cawas, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (10/3/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id – Detasemen Khusus 88 Anti Teror menangkap seorang terduga teroris berinisial T. Dia merupakan bagian jaringan organisasi Neo Jamaah Islamiyah (NJI) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Menurut Kepala Biro Penenrangan Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto, terduga teroris itu ditangkap di Desa Greges Temanggung, pada Senin 7 Maret 2016.

"Yang bersangkutan DPO (Daftar Pencarian Orang) anggota Kelompok Neo Jamaah Islamiyah. Kelompok tersebut delapan orang sudah ditangkap tahun 2014 di Klaten," kata Agus, Kamis 10 Maret 2016.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Agus menuturkan, bahwa terduga yang ditangkap tersebut, merupakan Ketua Divisi dari kelompok organisasi radikal aktif NJI..

Bahkan dalam beberapa waktu terakhir sempat menerima senjata api M16 satu pucuk dan menerima dua senpi laras pendek dari salah seorang terduga teroris yang bernama Sugito alias Teguh yang ditangkap pada tanggal 19 Desember 2015 di Mojokerto.

Anggota Densus 88 Tertembak saat Sergap Komplotan Teroris Lampung

"Tersangka S alias T ikut serta latihan bongkar pasang senjata," ujar Agus. (ren)

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023