Tiga Tamu Hotel Masih Tertimbun Longsor di Cianjur

Evakuasi korban longsor yang menimpa bangunan hotel di Cianjur, Jawa Barat
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Walau proses evakuasi terhadap korban longsor di Hotel Club Bali, Villa Kota Bunga Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dihentikan sementara, namun masih ada tiga korban yang masih tertimbun di dalamnya.

Longsor di Jalur Garut Selatan Selesai Dibersihkan

Evakuasi dihentikan sementara sebab hujan deras menyulitkan tim SAR melakukan proses evakuasi. 

"Tiga korban yang belum berhasil dievakuasi adalah Budi Tanuadi Supena (52) dan istrinya dokter Merianawati (52) asal Bandung yang berada di kamar nomor 145, dan Bun Susanto (35) asal Jakarta berada di kamar nomor 144," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 9 Maret 2016.

12 Jam Usai Longsor, Jalur Garut Selatan Masih Terputus

Hingga kini, sudah 8 orang yang berhasil dievakuasi. Enam di antaranya selamat, sementara dua korban lainnya mengalami luka berat.

Korban selamat adalah Lani, Ibu Kim, Mistah dan Margaret. Selain itu dua balita, Angel dan Ester. Adapun korban luka berat dan saat ini dirawat di RSUD Cimacan adalah Natasya (7) dan Dewi (17). 

Tebing 30 Meter Ambrol Tutup Jalur Garut Selatan

Saat proses evakuasi dilakukan, Natasya kakinya terjepit reruntuhan bangunan hotel, dan bertahan selama 10 jam sebelum berhasil dikeluarkan tim SAR. 

Sebanyak 400 personel tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan evakuasi korban longsor. Yakni dari Tim gabungan BNPB, BPBD Kabupaten Cianjur, BPBD Provinsi Jawa Barat, TNI, Polri, PMI, Basarnas, Tagana, relawan, dan masyarakat sekitar.

Alat berat rencananya dikerahkan untuk mengangkat puing beton. Hotel Club Bali telah dikosongkan sehingga tidak ada pengunjung yang menginap. Selain itu, listrik juga telah dipadamkan untuk mengantisipasi kemungkinan hubungan arus pendek.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya