Ini Dugaan Penyebab Longsor di Cianjur

Hotel Club Bali, Cianjur, Jawa Barat, longsor.
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id – Musibah longsor yang terjadi di Kawasan Villa Club Bali di Kota Bunga, Desa Batu Lawang, Kecamatan Cipanas menyebabkan sejumlah penghuni hotel menjadi korban. Kejadian tersebut diduga terjadi pada Selasa dini hari, 8 Maret 2016 pukul 24.00 WIB.

Proyek Jalan Inspeksi KBB Longsor, Satu Mobil Tertimbun

Kepala BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Suparman memberikan keterangan terkait musibah longsor tersebut. Menurut Asep, informasi dilaporkan sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

Menurut pantauan di lokasi, kata dia, jelas terlihat area bangunan sudah longsor. Tim BPBD saat ini masih melakukan penyisiran guna menyelamatkan korban yang berpotensi masih tertimbun.

Tebing Longsor, Jalur Banda Aceh-Meulaboh Tak Bisa Dilintasi

Longsor sendiri disinyalir berasal dari tebing sebelah selatan vila tersebut. Sementara jarak dari vila ke tebing sekitar 50 meter. "Jadi kondisi di lapangan itu ternyata memiliki pergerakan tanah yang signifikan sehingga menimbulkan longsoran yang menembus beton pada vila," kata Asep Suparman dalam wawancara di tvOne, Rabu, 9 Maret 2016.

Ia menambahkan, sudah dilakukan pemetaan sekaligus surat edaran kepada warga sekitar untuk mengantisipasi potensi pergerakan tanah yang menyebabkan longsor bisa terjadi kembali.

Longsor di Jalur Garut Selatan Selesai Dibersihkan

Asep mengimbau warga di sekitar lokasi agar menghindari titik-titik yang terancam bencana longsor. Bahkan relokasi menurutnya mungkin diperlukan.

(mus)

Proyek jalan inspeksi di Kanal Banjir Barat longsor, Senin, 13 Juni 2016.

Sebelum Longsor, Proyek Jalan Inspeksi KBB Sudah Miring

Petugas menyebutkan pengerjaan proyek belum sampai ke lokasi longsor.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2016